MODEL MATEMATIKA PENYEBARAN FLU BURUNG PADA MANUSIA DAN UNGGAS DOMESTIK DENGAN FAKTOR IMIGRASI DAN VAKSINASI

Mohammad Soleh, Wartono Wartono

Abstract


Pada makalah ini dijelaskan tentang  model matematika untuk penyebaran flu burung pada manusia dan unggas domestik dengan faktor  imigrasi dan vaksinasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penurunan model , bagaimana menentukan titik ekuilibrium dan analisis kestabilan, bagaimana simulasi model pada penyebaran flu burung pada manusia dan unggas domestik dengan faktor imigrasi dan vaksinasi menggunakan Maple 13. Metode yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah dengan studi pustaka. Dari model tersebut diperoleh dua titik ekuilibrium yaitu titik ekuilibrium bebas penyakit dan titik ekuilibrium endemik. Setelah dianalisis kestabilan pada titik ekuilibrium bebas penyakit akan stabil asimtotik untuk  Sedangkan  titik ekuilibrium endemik akan stabil asimtotik untuk  Selanjutnya dilakukan simulasi dan diperoleh bahwa untuk nilai  laju vaksinasi  kurang dari 0.20 dan laju imigrasi besar dari  maka penyakit masih mewabah atau tidak akan menghilang sedangkan untuk nilai laju vaksinasi besar sama  dan laju imigrasi kecil sama dengan  maka penyakit tidak akan meluas dalam artian minimum ada yang di vaksinasi dan maksimum ada  unggas domestik yang berimigrasi dari seluruh individu yang rentan jika ingin penyakit flu burung menghilang.

 

Kata kunci: Analisis kestabilan, flu burung, imigrasi, titik ekuilibrium, vaksinasi.


Full Text:

PDF

References


Al-Zikri, Nur. 2014. Pemodelan Matematika Penyebaran Virus Flu Burung pada Sistem Manusia-Unggas. Pekanbaru: Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Anggriani, N., dkk. 2015. Kontrol Optimum pada Model Epidemi SIR denganPengaruh Vaksinasi dan Faktor Imigrasi. Bandung: Jurusan Matematika FMIPA Unpad.

Anton, Howard. 1997. Aljabar Linear Elementer Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Braun, M. 1993. Differential Equation Models. New York: Springer-Verlag.

Chotim, Moch., dan Mohammad Kharis. 2003. Model Matematika Wabah Flu Burung pada Populasi Unggas dengan Pengaruh Vaksinasi. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Depkes RI. 2017. Perkembangan Flu Burung pada Manusia dan Langkah-langkah Pengendaliannya. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Derouich, Mohamed., & Abdesslam Boutayed. 2008. An Avian Influenza Mathematical Model. Hikari, Ltd Applied Mathematical Sciences, Vol. 2, no. 36, 1749-1760.

Driessche, P & Watmough, J. 2002. Reproduction Number and Sub-threshold Endemic Equilibria for Compartmental Models of Disease Transmission. Mathematical Biosciences. 180: 29-48.

Finizio, N., & Landas, G. 1982. An Introduction to Differential Equations. California: University of Rhode Island.

Fisher, S. D. 1999. Complex Variables Second Edition. California: Wadsworth & Software. Pacific Growe.

Hutapea, Tri Andri. 2016. “Penyebaran Virus H5N1 pada Populasi Manusia dengan Kontrol Vaksinasi”. Medan: Jurusan Matematika FMIPA Unimed.

Kartono. 2001. Maple untuk Persamaan Diferensial. Yogyakarta: J&J Learning.

Kharis, M., & Amidi. 2017. Mathematical modeling of Avian Influenza epidemic with bird vaccination in constant population”. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Olsder, G.J., & Woude, J.W. van der. 1994. Mathematical Systems Theory Second Edition. The Netherlands: Delft University.

Perko, L. 2001. Differential Equation and Dynamical System. New York: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id