FAKTORISASI GRAF BARU YANG DIHASILKAN DARI PEMETAAN TITIK GRAF LINTASAN PADA BILANGAN BULAT POSITIF

Corry Corazon Marzuki, Bella Safira, Fitri Aryani

Abstract


Faktor dari suatu graf merupakan subgraf merentang dari suatu graf. Faktor dari suatu graf terdiri dari himpunan pasangan titik yang tidak saling terhubung dan selalu berbentuk 1-reguler, ini dapat disebut sebagai graf yang memiliki -faktor. Ketika himpunan titik dari graf lintasan  dipetakan pada bilangan bulat positif yang dibatasi oleh derajatnya maka akan menghasilkan graf baru . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ciri-ciri fungsi yang menghasilkan graf baru  yang dihasilkan dari graf   akan memiliki -faktor. Adapun langkah-langkah untuk memperoleh hasil dari penelitian ini adalah: (1) menggambarkan graf lintasan , (2) menentukan kemungkinan-kemungkinan dari fungsi , (3) menentukan , (4) menentukan  dan , (5) menentukan graf baru , (6) faktorisasi graf baru  dengan  menunjukkan himpunan pasangannya. Hasil dari penelitian ini adalah ciri-ciri fungsi yang mengakibatkan graf baru  untuk genap yang  dihasilkan dari kemungkinan fungsi dapat memiliki -faktor  adalah fungsi dengan sebanyak  titik dipetakan ke .


Full Text:

PDF

References


Amir, Z. “Matematika Diskrit”. Edisi 1, halaman 1, Zanafa Publishing, Pekanbaru. 2010.

Bondy, J., dan Murty, U. “Graph Theory”. Spiriger, USA. 2008.

Budayasa, I.K. “Teori Graph dan Aplikasinya”. Unesa University Press. Surabaya. 1996.

Chartrand, G., dan Lesniak, L. “Graph and Digraphs”. Washington. 1986.

Despandai, R. B. “Analisis Himpunan Dominasi Lokasi Pada Model Topologi Graf Khusus Dan Operasinya”. Nov 2016. [Online] Available http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77850, diakses 29 Maret 2018.

Faizah, N. N. A., dan H. Irawan, H. W. “Faktorisasi Graf Baru Yang Dihasilkan Dari Pemetaan Titik Graf Sikel Pada Bilangan Bulat Positif”. Jurnal Cauchy. Vol 3, No. 3, November 2014.

Mandailina, Vera. Faktorisasi Graf Komplit. 2009. [online] Available http://ethes.uin-malang.ac.id/6413/1/0451004.pdf, diakses 29 Maret 2018.

Manongga, D., dan Nataliani, Y. “Matematika Diskrit”. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta. 2013.

Munir, R. “Matematika Diskrit”. Informatika, Bandung. 2007.

Prastomo, A. “ Metode Penelitian Kualitatif”. Ar-Ruzz Media, Jogjakarta. 2011.

Rosen, Kenneth H. “Discrete Mathematics and Its Application”, McGraw-Hill Companies. Singapore. 2007.

Simangunsong, J. W., dan Mulyono, Pelabelan Total Titik Ajaib Pada Graf Petersen Yang Diperumum” Jurnal Karismatika. Vol 1, No. 3, Desember 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id