Optimasi Biaya Bahan Dan Jasa Pembangunan Rumah Menggunakan Algoritma Genetika

Fitri Insani (Scopus ID: 57190404820), Ahmad Rizki Ramadhan

Abstract


RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan AHS (Analisa Harga Satuan) dalam rancangan pembangunan rumah pada PT. Afdhalnur Jaya Konsultan tidak sesuai dengan ketersediaan sumber daya, seperti pilihan bahan dan jasa yang terbatas. Hal ini memberikan dampak terhadap pekerjaan yang terdapat pada RAB. Sehingga biaya menjadi tidak sesuai yang diharapkan. Untuk itu dalam penelitian ini, dilakukan optimasi berdasarkan biaya bahan dan jasa dari PU (Pekerjaan Umum) Kota Pekanbaru tahun 2018 menggunakan salah satu metode heuristik yaitu algoritma genetika. Algoritma genetika melakukan pengacakan bahan dan jasa untuk membentuk sebuah individu, serta melakukan proses penyilangan (crossover) pada individu yang terpilih, maka hasil penyilangan tersebut juga terkena mutasi yang akan melahirkan kromosom baru. Berdasarkan proses tersebut, maka dicari kromosom yang optimum untuk menyesuaikan dana yang tersedia. Kromosom yang optimum dilakukan pengujian menggunakan nilai PC (Probabilitas Crossover) = 0.4 dan nilai PM (Probabilitas Mutasi) = 0.03 dengan data masukan dana Rp. 245.000.000.-, tipe rumah 45 / 140 dan jumlah populasi 30 serta individu 30, maka hasil akhir yang didapat berupa RAB dan AHS baru dengan dana yang teroptimasi adalah Rp. 244.856.553,93. Dengan demikian, algoritma genetika dapat digunakan dalam melakukan optimasi biaya bahan dan jasa dalam pembangunan rumah


Full Text:

PDF

References


A. R. Amrulloh, “Aplikasi Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Bahan Bangunan Berbasis Visual Basic,” 2012.

D. Gita Purnama and H. Sepriyawan, “Analisis Distribusi Biaya Pembangunan Rumah Tinggal Sederhana di Kota Pekanbaru dengan Metoda SNI dan Praktik Lapangan,” 2013.

D. J. Surjawan, A. Wahju, and R. Emanuel, “Perhitungan Biaya Pembangunan Rumah dengan Estimasi Waktu, Material dan Jasa Pekerja,” SESINDO, pp. 2–4, 2013.

I. R. B. Karo, “Tinjauan Dasar Perhitungan Rencana Biaya Bangunan Rumah Tinggal,” J. Saintech, vol. 02, no. 03, pp. 44–50, 2010.

Z. Zukhri, Algoritma Genetika Metode Komputasi Evolusi untuk Menyelesaikan Masalah Optimasi. Yogyakarta: Andi, 2014.

Suyanto, Algoritma Optimasi Deterministik atau Probabilitik. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

A. Desiani, Konsep Kecerdasan Buatan, Pertama. Yogyakarta, 2006.

T. S. Ngoen, Pengantar Algoritma dengan Bahasa C. Jakarta: Salemba Teknika, 2008.

E. Marlina and S. Sastra, Perancangan dan Pembangunan Perumahan, Pertama. Yogyakarta: Andi, 2006.

W. Oetomo and B. Santoso, “Pondasi dan Dinding Fabrikasi Alternatif Komponen Pembangunan Rumah Sejahtera Tapak di Indonesia,” J. Tek. Sipil, vol. 7, no. 1, 2014.

A. Nugroho, Y. R. Beeh, and H. Astuningdyas, “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya ( RAB ),” J. Inform., vol. 10, 2009.

I. G. N. A. C. Putra and S. Hartati, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Client Server Untuk Penetuan Biaya Pemabangunan Rumah,” J. Ilmu Komput., 2011.

Renggo, Menghitung Biaya Membuat Rumah. Jakarta: Penebar Swadaya, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id