Menentukan Popularitas Calon Presiden dan Tren pada Pilpres 2019 menggunakan Algoritma DBSCAN

Rifaldi Saputra, Mustakim Mustakim, Okfalisa Okfalisa, Muhammad Ridwan

Abstract


Abstrak

 

Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Salah satu cerminan demokrasi tersebut adalah pemilihan presiden. Seorang tokoh politik yang ingin maju menjadikan opini masyarakat yang sekarang disampaikan melalui media sosial sebagai pertimbangan. Peranan media sosial menjadi sangat penting, karena mampu mendongkrak suara secara signifikan bahkan dijadikan senjata baru bagi banyak bidang terutama kampanye politik. Salah satu media sosial yang sangat populer adalah Twitter. Twitter menggunakan tweet yang mengandung data apabila diolah dapat menjadi informasi. Data dari tweet dapat dijadikan bahan untuk mencari opini masyarakan terhadap calon presiden dan pola yang terbentuk dan pengetahuan pada pemilihan presiden 2019. Untuk menangani tweet yang berbentuk data tekstual dapat dilakukan dengan menggunakan text mining. Metode yang digunakan adalah algoritma partitioning clustering yaitu Density-Based Spatial Clustering of Application with Noise (DBSCAN). Hasil dari penelitian ini adalah DBSCAN menjadi metode terbaik karena mempunyai validitas silhouette index (SI) sebesar 0.8094 dan waktu eksekusi di RapidMinner 2.5676 detik. Frekuensi nama Joko Widodo mendominasi kategori positif, negatif dan netral. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk orang, organisasi dan proses bisnis yang berkaitan erat dengan Pilpres 2019.

 

Kata kunci: Calon Presiden, DBSCAN, Text Mining, Twitter dan Pemilihan Presiden 2019

 

Abstract

 

Indonesia Indonesia is the third largest democracy in the world. One reflection of that democracy is the presidential election. A political figure who wants to move forward makes public opinion now conveyed through social media a consideration. The role of social media is very important, because it is able to jack up the sound significantly and even become a new weapon in many fields, especially political campaigns. One very popular social media is Twitter. Twitter uses tweets that contain data when it is processed into information. Data from tweets can be used as material to seek public opinion on candidates of presidential and patterns formed and knowledge in the 2019 presidential election. To handle tweets in the form of textual data can be done using text mining. The method used is partitioning clustering algorithm, namely Density-Based Spatial Clustering of Application with Noise (DBSCAN). The results of this study are DBSCAN to be the best method because it has a silhouette index (SI) validity of 0.8094 and an execution time on RapidMinner 2.5676 seconds. The frequency of the name Joko Widodo dominates the positive, negative and neutral categories. The results of this study can be used for people, organizations and business processes that are closely related to the Presidential Election 2019.

 

Keywords: Candidate of Presidential, DBSCAN, Text Mining, Twitter dan Presidential Election 2019


Full Text:

PDF

References


Adarsh, M. J. dan Ravikumar, P. Survey: Twitter Data Analysis Using Opinion Mining, International Journal of Computer Applications. Vol. 128, No.5. Oktober 2015.

Ardha, Berliani. Social Media sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia, Jurnal Visi Komunikasi. Vol. 13, No. 1, Hal. 105-120. Mei 2014.

Bachtiar, F. R. Pemilu Indonesia: Kiblat Negara Demokrasi dari Berbagai Refresentasi, Jurnal Politik Profetik. Vol 3, No. 1. 2014.

Beritasatu.com. Indonesia Masuk Lima Besar Pengguna Twitter. 3 Mei 2017. [Online] Available. http://www.beritasatu.com/digital-life/428591-indonesia-masuk-lima-besar-pengguna-twitter.html, diakses 20 Maret 2018.

Budiman, S.A.D., Safitri, D. dan Ispriyanti, D. Perbandingan Metode K-Means dan Metode DBSCAN pada Pengelompokkan Rumah Kost Mahasiswa di Kelurahan Tembalang Semarang, Jurnal Gaussian. Vol. 5, No. 4, Hal. 757-762. 2016.

Hidayatullah, A.F., dan Ma’arif, M.R. Penerapan Text Mining dalam Klasifikasi Judul Skripsi, Seminar Nasional Teknologi Informasi (SNATi). Yogyakarta, Indonesia. Agustus 2016. 12

Katadata.co.id. Indonesia Pengguna Twitter besar Ketiga di Dunia. 22 November 2016. [Online] Available. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/22/indonesia-pengguna-twitter-terbesar-ketiga-di-dunia, diakses 20 Maret 2018. 13

Lukmana, D.T, Subanti, S. dan Susanti, Y. Analisis Sentimen Terhadap Calon Presiden 2019 dengan Support Vector Machine di Twitter, Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M). Tanggerang, Indonesia. Juni 2019. 14

Mulawarman dan Nurfitri, A.D. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan, Buletin Psikologi. Vol. 25, No. 1, Hal. 36-44. 2017. 15

Nasional.kompas.com. 10 Capres dengan Elektabilitas Tertinggi Menurut Survey PolMark. 19 Oktober 2017. [Online] Available. https://nasional.kompas.com/read/2017/10/22/17325561/10-capres-dengan-elektabilitas-tertinggi-menurut-survei-polmark, diakses 10 Agustus 2018.16

News.detik.com. KPU Tetapkan Jokowi dan Prabowo Capres 2019. 20 September 2018. [Online] Available. https://news.detik.com/berita/4221168/kpu-tetapkan-jokowi-dan-prabowo-capres-2019, diakses 10 Oktober 2018.17

Nurhuda, F., Sihwi, S. W. dan Doewes, A. “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 berdasarkan Opini dari Twitter menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” JURNAL ITSMART. Vol. 2, No. 2. Desember 2013.17

Ozkok, F.O., dan Celik, M. A New Approach to Determine Eps Parameter of DBSCAN Algorithm, International Journal of Intelligent Systems and Applications in Engineering (IJSAE). Vol. 5(4), Hal. 247-251. Desember 2017.18

Rauta, Umbu. Menggagas Pemilihan Presiden, Jurnal Konstitusi. Vol. 11, No. 3. September 2014.21

Reza, N. G. Penerapan Algoritma DBSCAN untuk Pencarian Trend Topik Pilkada Pekanbaru 2017 pada Twitter”. [Skripsi] UIN SUSKA Riau. 2017.22

Sangga, V. A. P. Perbandingan Algoritma K-Means dan Algoritma K-Medoids dalam Pengelompokan Komoditas Peternakan di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015. [Skripsi] Universitas Islam Indonesia. 2018.23

Sari, Y.A., dkk. User Emotion Identification in Twitter Using Specific Features: Hashtag, Emoji, Emoticon, and Adjective Term, Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi (Journal of Computer Science and Information). Vol. 7, Issue. 1, Hal. 18-23. Februari 2014.24

Suthar, N. dkk. A Technical Survey on DBSCAN Clustering Algorithm, International Journal of Scientific & Engineering Reasearch. Vol. 4, Issue 5. Mei 2013.27

Talib, R. dkk. Text Mining: Techniques, Applications and Issues, International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA). Vol. 7, No. 11. 2016.29

Yogapreethi, N. dan Maheswari, S. A Review on Text Mining in Data Mining, International Journal on Soft Computing (IJSC). Vol. 7, No. 2/3. Agustus 2016.32


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id