Penggunaan Hukum De Moivre untuk menghitung premi tahunan asuransi Jiwa Seumur Hidup

Aprijon aprijon

Abstract


Kehidupan manusia akan selalu dikelilingi oleh berbagai hal yang mungkin saja dapat mengancam keamanan dan keselamatan atau mungkin juga dapat menyebabkan kerugian finansial. Mengatasi kerugian-kerugian  tersebut ialah dengan mengalihkan kerugian-kerugian finansial tersebut kepada pihak yang lain yang kemudian memunculkan adanya asuransi. Perusahaan asuransi membebankan sejumlah premi yang harus dibayar tertanggung. Menentukan besarnya premi tahunan yang dibayar digunakan beberapa asumsi diantaranya dengan menggunakan hukum De Moivre. Hukum De Moivre merupakan hukum mortalita yang menentukan percepatan mortalita yang diperoleh dari distribusi seragam. Besarnya premi tahunan asuransi jiwa seumur hidup bergantung pada umur peserta asuransi tersebut, tingkat bunga dan besarnya uang pertanggungan. Semakin tinggi umur peserta ketika memulai asuransi, maka akan semakin besar premi yang harus dibayarkan. Semakin tinggi perkiraan usia maksimal, maka akan semakin rendah premitahunan yang harus dibayarkan.Berdasarkan penerapannya pada data yang diperoleh besarnya premi tahunan peserta asuransi jiwa seumur hidup dengan hukum De Moivre lebih kecil daripada besarnya premi tahunan yang terdapat pada data.

 

Kata kunci: Anuitas Awal Seumur Hidup, Asuransi Jiwa seumur hidup, Hukum De Moivre,Premi tahunan

Full Text:

PDF

References


Badrudin, R., Algifahri.MatematikaBisnisEdisiPertama.BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta. 1997.

Dickson, D. C. M., M. R. Hardy,& H. R. Waters.Actuarial Mathematics for Life Contingent Risks.Cambridge University Pres, New York. 2009.

Finan, M. B. A Reading of The Theory of Life Contingency Models: A Preparation for Exam MLC/3L. Arkansas Tech university, Arkansas. 2011.

Futami, T. MatematikaAsuransiJiwaBagian I. Terj.dariSeimei Hoken Sugaku, Jokan (“92 Revision),olehHerliyanto, G. PenerbitIncorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center, Japan. 1993.

Harisa, Nurma. PremiTahunanAsuransiJiwaBerjangkaDenganHukum De MoivreUntuk Status Gabungan. 2013.

Salim, Abbas. MA. AsuransidanManajemenResiko.PT RajaGrafindoPersada, Jakarta. 1993.

Stice, J. D., Stice E.K., Skousen, K. Fred. Akutansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.2009.

Wulandari, Winda Sari. dkk. Premi Tunggal Bersih Untuk Kontrak Asuransi Jiwa Seumur Hidup.Bulettin Ilmiah. Mat. Sat. danTerapannya Vol 3 No 1. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id