Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Tengku Khairil Ahsyar

Abstract


Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) merupakan sistem informasi yang berkaitan dengan pengolahan data-data akademik pada Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). SIAM belum pernah dilakukan evaluasi menggunakan metode atau standar tertentu. Evaluasi dilakukan apabila ada saran penambahan saat rapat sehingga tidak dapat mengetahui kondisi SIAM secara maksimal. Tujuan penelitian ini melakukan evaluasi usability pada SIAM serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dengan 10 prinsif. Hasil dari perhitungan usability yang mendapatkan kualifikasi cukup baik dan kurang baik adalah pada variabel user control and freedom, consistency and standars, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, dan help and documentation. Penelitian ini juga menghasilkan solusi dalam bentuk rekomendasi yang dapat dijadikan rujukan bagi tim pengembang SIAM dalam melakukan perbaikan usability pada SIAM.Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) merupakan sistem informasi yang berkaitan dengan pengolahan data-data akademik pada Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). SIAM belum pernah dilakukan evaluasi menggunakan metode atau standar tertentu. Evaluasi dilakukan apabila ada saran penambahan saat rapat sehingga tidak dapat mengetahui kondisi SIAM secara maksimal. Tujuan penelitian ini melakukan evaluasi usability pada SIAM serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dengan 10 prinsif. Hasil dari perhitungan usability yang mendapatkan kualifikasi cukup baik dan kurang baik adalah pada variabel user control and freedom, consistency and standars, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, dan help and documentation. Penelitian ini juga menghasilkan solusi dalam bentuk rekomendasi yang dapat dijadikan rujukan bagi tim pengembang SIAM dalam melakukan perbaikan usability pada SIAM.

Full Text:

PDF

References


Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. CV Andi Offset.

Dimuksa, W., Abda’u, P. D., dan Karaman, J. (2016). Usability evaluation pada website stkip pgri pacitan. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 1–3.

UMRI. ”Universitas Muhammadiyah Riau”. [Online] diakses pada tanggal 19 September 2018. http://umri.ac.id/.2018.

Sensuse, D. I., dan Prayoga, S. H. (2010). Analisis usability pada aplikasi berbasis web dengan mengadopsi model kepuasan pengguna (user satisfaction). Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 70–79.

Caesaron, D. (2015). evaluasi heuristic desain antar muka (interface) portal mahasiswa (studi kasus portal mahasiswa universitas x). Jurnal Metris, 16(1), 9–14.

Delice, E. K., dan Gungor, Z. (2009). The usability analysis with heuristic evaluation and analytic hierarchy process. International Journal of Industrial Ergonomics, 39(6), 934–939.

Hendra, S., dan Arifin, Y. (2018). Web-based usability measurement for student grading information system. Procedia Computer Science, 135, 238–247.

Aelani, K., dan Falahah, F. (2012). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire (studi kasus aplikasi perwalian online stmik “amikbandung”). Jurnal Fakultas Hukum UII.

Krisnayani, dkk. (2016). Analisa usability pada website undiksha dengan menggunakan metode heuristic evaluation. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 5(2).

Nielsen, J. (2013). 10 usability heuristic for user interface design. Retrieved from https://www.designprinciplesftw.com/collections/10-usability-heuristics-for-user-interface-design.

Mustikaningtyas, B. A., Saputra, M. C., dan Pinandito, A. (2016). Analisis usability pada website universitas brawijaya dengan heuristic evaluation. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 188–192.

Purnamasari, E. (2012). Evaluasi websitejobsdb tm mobiledengan metode usability heuristic. Prosiding KOMMIT.

Huda, M. (2018). Evaluasi usability website stie putra bangsa sebagai media informasi perguruan tinggi. JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA, 6(2), 9–19.

Sutedjo, H. S., Wignjosoebroto, S., dan Rahman, A. (2012). Perancangan web interface institut teknologi sepuluh nopember (its) dengan memperhatikan aspek usability. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A494–A497.

Utomo, dkk. (2017). Perbandingan usabilitas aplikasi taxi online android (grabcardan uber) menggunakan unified theory of acceptance and use of technology (utaut). Jurnjal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(12), 1708–1717.

Irwan, Suci Indrawati, dkk. "Analisis Usabilitas Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Koleksi Deposit di Perpusnas Berdasarkan Pendekatan Evaluasi Heuristik". Jurnal Pustakawa Indonesia. Vol. 14 No. 1 2015.

Nielsen, J., dan Molich, R. (1990). Heuristic evaluation of user interfaces. Dalam Proceedings of the sigchi conference on human factors in computing systems (hal. 249–256).

Ahsyar, Tengku Khairil dan Afani Dinda. “Evaluasi Usability Website Berita Online Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 5 No. 1. 2019

Subana, S., Moersetyo. (2000). Statistik pendidikan. CV Pustaka Setia.

Sugiyono, D. (2010) (a). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id