PREDIKSI RADIASI MATAHARI DENGAN PENERAPAN METODE ELMAN RECURRENT NEURAL NETWORK

Eka Pandu Cynthia, Novi Yanti, Yelvi Fitriani, Yusra Yusra

Abstract


Bumi menerima energi panas dari matahari yang disebut sebagai radiasi matahari. Energi panas sekitar 51% yang mencapai bumi dan sisanya diserap oleh awan beserta gas-gas lain yang berada di atmosfer. Radiasi matahari bermanfaat bagi manusia sebagai penghangat dan penerangan ruangan, pengeringan hasil pertanian dan perikanan, proses fotosintesis tumbuhan, sebagai sumber energi baru dan lain sebagainya. Radiasi matahari juga bisa menimbulkan kerugian seperti menyebabkan kulit terbakar, penyakit mata, demam, sakit kepala dan pemanasan bagi lingkungan. Pengamatan terhadap energi panas ini dilakukan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang tersebar pada beberapa stasiun di seluruh wilayah Indonesia. BMKG melakukan pencatatan besaran radiasi yang sampai ke bumi dengan melihat durasi penyinaran matahari, kemudian besaran pengaruhnya terhadap lingkungan seperti suhu udara, curah hujan dan kelembaban udara. Metode Elman Recurrent Neural Network (ERNN) merupakan salah satu metode kecerdasan buatan pada jaringan syaraf tiruan. Penelitian ini diharapkan dapat memprediksi besaran radiasi dan pengaruhnya pada lingkungan sehingga dapat dilakukan antisipasi pengaruh buruk kedepannya yang dapat diterima manusia dan lingkungan. ERNN akan memprediksi besaran pancaran radiasi matahari (W/m2) menggunakan data masukan hasil pencatatan BMKG yang dipengaruhinya yaitu durasi penyinaran matahari (%), suhu udara (0Celcius), curah hujan (mm) dan kelembaban udara (%). Menggunakan beberapa skenario pelatihan dan pengujian dengan pemberian nilai set parameter yang berbeda, menghasilkan nilai akurasi terbaik sebesar 96,33% pada pembagian data latih dan data uji 90%:10% dengan set parameter nilai learning rate 0,1 epoch 500 dan minimal error 0,0001.

Full Text:

PDF

References


Budiati, T. dkk. Dampak Kelembapan Udara Terhadap Radiasi Matahari Dan Temperatur Di Bandung. 2011. 12–13.

Chandra, R. Competition and Collaboration in Cooperative Coevolution of Elman Recurrent Neural Networks for Time-Series Prediction. 2015. 26 (12), 3123–3136.

Cynthia, E.P. dan Ismanto, E. Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Backpropagation Dalam Memprediksi Ketersediaan Komoditi Pangan Provinsi Riau. 2017. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) ke-9: Pekanbaru, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. 271-282.

Cynthia, et.al. Penerapan Metode Elman Recurrent Neural Network Untuk Peramalan Penjualan. 2019. Journal of Education and Information Technology, Vol.2 No.1: Pekanbaru, FKIP Universitas Muhammadiyah Riau. 49-61.

Desvina, A. Analisis Time Series Pencemaran Udara Oleh Karbon Monoksida (CO) di Pekanbaru. Pekanbaru. 2011: Pusaka Riau.

Halim, S., & Wibisono, A. M. Penerapan jaringan saraf tiruan untuk peramalan. 2011. 2(2), 106–113.

Humairah, E. Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Elman Recurrent Neural Network untuk Prediksi Penjualan Garuda Food. 2017.

Maulida. Penggunaan Elman Recurrent Neural Network dalam Peramalan Suhu Udara sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kebakaran Hutan. 2011.

Ningsih, R. A. Aplikasi Model Vector Autoregressive (VAR) Untuk Peramalan Suhu Udara Kota Pekanbaru. 2016.

Permana, A. A. J., Prijodiprodjo, W. Sistem Evaluasi Kelayakan Mahasiswa Magang Menggunakan Elman Recurrent Neural Network. 2014. 8(1), 37–48.

Pujiastuti, D., & Ilahi, A. F. Fluktuasi Konsentrasi Ozon Permukaan Di Bukit Kototabang Tahun 2005-2010. 2014. 3(3), 177–183.

Purnomo, D. S., Wibowo, A. T., & Suliiyo, M. D. Analisis Dan Implementasi Elman Recurrent Neural Network Dan Firefly Algorithm Pada Prediksi Harga Minyak Mentah. 2014.

Salman, A. G., Prasetio, Y. L. Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Recurrent Dengan Metode Pembelajaran G Radient Descent Adaptive Learning Rate Untuk Pendugaan Curah Hujan Berdasarkan Peubah Enso. 2010. 1(2), 418–429.

Sani, D. L. Penerapan Elman- Recurrent Neural Network Pada Peramalan Konsumsi Listrik Jangka Pendek Di Pt. Pln App Malang. 2014. 441– 444.

Sanny, L., Sarjono, H., Smoothing, E., Trend, W., Smoothing, E., & Moving, W. Peramalan Jumlah Siswa / I Sekolah Menengah Atas Swasta Menggunakan Enam Metode. 2013. 10, 198–208.

Suhartono, Endharta, A. Peramalan Konsumsi Listrik Jangka Pendek Dengan Arima Musiman Ganda Dan Elman-Recurrent Neural. 2009, 183– 192.

Syafitri, M. Penerapan Metode Elman Recurrent Neural Network Untuk Prediksi Hasil Produksi Pabrik Kelapa Sawit. 2019. Pekanbaru: Uin-Suska Riau.

Talahatu, J., Benarkah, N., Jimmy. Penggunaan Aplikasi Sistem Jaringan Saraf Tiruan Berulang Elman Untuk Prediksi Pergerakan Harga Saham. 2015. 4(1), 1–12.

Utomo, Y. S. Prediksi radiasi surya global bulanan kota bandung menggunakan data lpm (lama penyinaran matahari). Jurnal Material Dan Energi Indonesia FMIPA Universitas Padjadjaran, 2017. 07(02), 21–27.

Yanti, N. Prediksi Stok Obat di Apotek Menggunakan Metode Neural Network dengan Struktur Backpropagation. 2014. Pekanbaru: LPPM UIN-SUSKA RIAU.

Zhang, N., & Williams, C. Solar Radiation Prediction Based On Particle Swarm Optimization And Evolutionary Algorithm Using Recurrent Neural Networks. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id