Sistem Pakar Berbasis Web untuk Mendiagnosa Penyakit Gastroenteritis pada anak di RSUD Pariaman dengan menggunakan Metode Forward Chaining

Vicky Ariandi, Hezy Kurnia

Abstract


Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem Pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Forward chaining bisa disebut juga runut maju atau pencarian yang dimotori data (data driven search). Jadi pencarian dimulai dari premis-premis atau informasi masukan (if) dahulu kemudian menuju konklusi atau derived information (then). Forward Chaining berarti menggunakan himpunan aturan kondisi-aksi. Dalam metode ini, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan atau dengan menambahkan data ke memori kerja untuk diproses agar ditemukan suatu hasil. Gastroenteritis merupakan gangguan sistem pencernaan berupa peradangan pada sistem pencernaan yang melibatkan lambung dan usus kecil.

Gastroenteritis biasanya disebut dengan stomach bug, gastro, atau stomach virus. Meskipun tidak memiliki kaitan dengan influenza, tetapi penyakit ini sering juga disebut sebagai flu perut. Gastroenteritis merupakan masalah pencernaan yang paling sering terjadi pada anakanak. Gastroenteritis berat akan menyebabkan dehidrasi serta tidak seimbangnya elektrolit, hal ini disebabkan karena cairan tubuh hilang melalui diare atau muntah. Sistem ini merupakan prototipe dan dibuat sesederhana mungkin, sehingga para pemakai dapat dengan mudah menggunakannya dan merancang ulang sistem pakar ini untuk jenis lainnya. Karena Dikarenakan masih banyak orang tua yang tidak mengetahui gejala gejala suatu penyakit tersebut. Sehingga dibuat suatu sistem pakar yang dapat mendiagnosa secara dini pada penyakit Gastroenteritis. Dengan menggunakan metode forward chaining berbasis web, dengan menggunakan sistem pakar ini, penyakit Gastroenteritis dapat dikenali dengan melihat gejala gejala yang dapat menjelaskan dan menggambarkan apakah anak diduga terkena suatu penyakit Gastroenteritis atau tidak . Dengan adanya sistem pakar ini, orang tua mampu mendeteksi adanya penyakit Gastroenteritis pada anaknya berdasarkan gejala gejala dengan menjawab pertanyaan seperti halnya konsultasi ke dokter. Dengan demikian, orang tua dapat mendeteksi penyakit beserta solusi pengobatannya sejak dini, sehingga bisa dapat dilakukan penanganan segera, bahkan dapat dilakukan upaya pencegahan terhadap penyakit Gastroenteritis pada anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id