PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR KOMPLEKS MENGGUNAKANMETODE

Fitri Aryani Fitri

Abstract


Sistem persamaan linear kompleks merupakan sistem persamaan linear yang koefisiennya berbentuk bilangan kompleks.. Penyelesaian sistem persamaan linear kompleks terlebih dahulu akan ditentukan matriks kompleks yang berukuran dan selanjutnya akan dipisahkan antara bilangan real dan kompleks, dan akan menghasilkan matriks yang berukuran Untuk matriks kompleks yang berukuran akan menghasilkan matriks yang berukuran . Kemudianditentukan solusi penyelesaian dari sistem persamaan linear kompleks.Sistem persamaan linearkompleks dapat diselesaikan dengan menggunakan metode dekomposisi QR. Metodedekomposisi QR merupakan suatu metode yang mendekomposisikan suatu matriks A menjadi matriks Q dan R, denganQ adalah matriks yang vektor kolomnya ortonormal dan R adalah matriks segitiga atas.

Full Text:

PDF

References


Anton, Howard. Aljabar Linear Elementer Versi Aplikasi, Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta. 2004

Hasugian, M. Jimmy, dan Agus Prijono. Menguasai Analisis Kompleks dalam Matematika Teknik. Rekayasa Sains, Bandung. 2006

Leon, Steven J. Aljabar Linear dan Aplikasinya, Edisi Kelima. Erlangga, Jakarta.2001

Lipschutz, Seymour. Marc Lars Lipson.Aljabar Linear Schaum’s. Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta. 2006

Nicholson, W. Keith. Elementary Linear Algebra. First Edition. Mc Graw-Hill, Singapore. 2001.

Purbandini.Sistem Pengenalan Wajah Pada Subruang Orthogonal Dengan Menggunakan Laplacianfaces Terdekomposisi QR. http://digilib.its.ac.id. (ITS) Surabaya. 2006.

Taher Rahgooy, dkk. Fuzzy Complex System of Linear Equations Applied to CircuitAnalysisInternational Journal of Computer and Electrical Engineering. Vol. (1) N0 5: 1793-8163.2009.

Widodo, Sugeng. Kajian Dekomposisi Matriks. (ITS) Surabaya. http://digilib.its.ac.id.2003.

Yulianti, Dewi. Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Kompleks menggunakan Metode Dekomposisi SVD”. Skripsi, UIN-SUSKA Riau. 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id