Perencanaan Penempatan Enode-B Pada BTS Existing 3G Di Kota Padang Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization (PSO)

sri yusnita

Abstract


Pembangunan menara telekomunikasi sebagai infrastruktur pendukung dalam penyelenggara telekomunikasi harus memperhatikan efisiensi, keamanan lingkungan serta estetika lingkungan. Maka dari itu perlu dilakukan perencanaan penataan letak dari Evolved Node B (E-NodeB). Penelitian ini bertujuan untuk perencanaan jaringan LTE, mengoptimasi penempatan E-NodeB pada BTS existing menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO) di kota Padang berdasarkan klasifikasi  daerah urban dan suburban. Perencanaan jumlah eNodeB dilakukan berdasarkan jumlah penduduk dan luas daerah, kemudian melakukan optimasi posisi eNodeB berdasarkan posisi BTS existing dan data payload menggunakan PSO dan melakukan visualisasi analisa cakupan sinyal hasil optimasi. Hasil yang didapatkan ialah penempatan 20 eNodeB untuk wilayah urban dan 21 eNodeB untuk wilayah suburban dari 121 jumlah BTS existing.

 


Full Text:

PDF

References


A. M. Prihatini and S. H. P, “Optimasi Penentuan Posisi Evolved Node B Long Term Evolution pada BTS GSM yang Terpasang Menggunakan Fuzzy. Jurnal Elektronika dan Telekomunikasi,Vol. 15,No. 2, Desember 2015.

D. Perhubungan and K. Blitar, “ Perencanaan Kebutuhan Base Transceiver Station (BTS) dan Optimasi Penempatan Menara Bersama Telekomunikas,” vol. 4, no. 3, pp. 151–159, 2014.

Institude Teknologi Bandung “Perencanaan Jaringan Seluler”. Bandung, 2012.

Indah ,Nur . “Analisa dan perencanaan Jaringan Long Term Evolution (LTE) di Kabupaten Gowa

Kennedy and Eberhart [1995] “Particle Swarm Optimization”

Pedoman Pembangunan dan penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.19/Per/M.Kominfo/03/2009,Jakarta, 2009 .

Priawadi , Ozi 2012. Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) dengan JAVA [Online]. Available http://www.priawadi.com/2012/01/algoritma-particle-swarm-optimization.html.

[9] Putra, A.I.P . “Perencanaan Tahap Awal Jaringan Radio Untuk Komunikasi Keselamatan Publik Pada Frekuensi 700 MHz Di wilayhan DKI Jakarta . Fakultas Teknik Departemen Teknik Elektro Universita Indonesia. Depok,2010 :Skirpsi.

M.Ergen, Mobile Broadband Including WIMAX and LTE, Berkeley , CA-USA : Springer,2009.Sulawesi Selatan”. Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom. Bandung ,2015

Santosa,Budi. 2011 “Tutorial Particle Swarm Optimization” . Surabaya.

Usman, et all. 2012. “Fundamental Teknologi Seluler LTE.” : 1-210.

Wardhana,Lingga.,et all “Fresh RNO Technical Study Case In 3G & 4G Network . Jakarta Selatan , 2016.

Wardhana, Lingga.,et all. 2014. 4G Handbook Edisi Bahas Indonesia.

Wardana,Lingga. 2011. “2G/3G RF Planning and Optimization for Consultan (plus introduction to 4G.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id