Peningkatan Nilai Kualitas Mobile Game Edukasi dengan Tema Pariwisata berdasarkan Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak

Anggy Trisnadoli, Indah Lestari, Yuli Fitrisia

Abstract


Sebuah perangkat lunak dinyatakan berkualitas berdasarkan nilai kualitas yang didapatkan dari hasil pengukuran kualitasnya. Pengukuran nilai kualitas dari sebuah perangkat lunak dapat dinilai dengan menggunakan metrik kualitas yang dimiliki oleh model kualitas. Dengan bantuan sebuah kebutuhan kualitas perangkat lunak, maka nilai kualitas dapat dijaga sejak dari fase perancangan. Kebutuhan kualitas dapat dikumpulkan dan dikembangkan dari sudut pandang pengguna, seperti dalam pengembangan kebutuhan kualitas untuk mobile game edukasi dalam tema pariwisata. Kebutuhan kualitas untuk mobile game edukasi dengan tema pariwisata akan disusun lalu diimplementasikan sebagai acuan dalam membangun game edukasi berbasis mobile dengan harapan produk yang dihasilkan nantinya akan memiliki nilai kualitas yang baik. Pada penelitian sebelumnya, telah dilakukan implementasi dan pengembangan prototype mobile game edukasi berdasarkan hasil rekayasa kebutuhan kualitas yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kualitas produk game tersebut. Pada penelitian ini menunjukkan hasil evaluasi yang telah dilakukan terhadap pengembangan tersebut dengan menggunakan Quality model for mobile game. Hasil evaluasi selanjutnya dianalisis untuk menunjukkan bahwa pengembangan kebutuhan kualitas yang digunakan dapat dinyatakan valid untuk meningkatkan nilai kualitas sebuah produk software game edukasi berbasis mobile dengan tema pariwisata, serta siap untuk menjadi referensi yang tepat untuk memberikan nilai kualitas yang baik.

Full Text:

PDF

References


J. P. Miguel, D. Mauricio e G. Rodríguez, “A Review of Software Quality Models for the Evaluation of Software Products,” International Journal of Software Engineering & Applications (IJSEA), vol. 5, nº 6, 2014.

A. Trisnadoli, I. Muslim e W. Novayani, “Software Quality Requirements Analysis on Educational Mobile Game with Tourism Theme,” Journal of Software, 2015.

A. Trisnadoli, I. Lestari e Y. Fitrisia, “Rekayasa Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak untuk Peningkatan Nilai Kualitas Game Edukasi berbasis Mobile dengan Tema Pariwisata,” Sains dan Teknologi Informasi (SATIN), 2018.

A. Trisnadoli, B. Hendradjaya e W. D. Sunindyo, “A Proposal to Quality Model for Mobile Games,” em International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICEEI) - IEEE, Denpasar, Bali, 2015.

K. Srinivasan e T. Devi, “Software Metrics Validation Methodologies In Software Engineering,” International Journal of Software Engineering & Applications (IJSEA), vol. 5, nº 6, 2014.

E. Febriano, A. Trisnadoli e Y. E. Putra, “Pembangunan Mobile Game Edukasi Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau,” Jurnal Aksara Komputer Terapan, 2017.

A. Trisnadoli e I. Muslim, “Evaluation of Software Quality Requirement for Educational Mobile Game with Tourism Theme,” em International Conference on “Engineering and Technology, Computer, Basic & Applied Sciences" (ECBA) 2017, Tokyo, Japan, 2017.

A. Trisnadoli, “Analisis Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak untuk Mobile Games,” Jurnal Komputer Terapan, vol. 1, nº 2, 2015.

E. Adams, Fundamentals of Game Design (2nd edition), California: New Riders, 2010.

A. Sudaryanto, “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Yang Diterapkan Dalam Pengelolaan Tanah Pariwisata Sri Gethuk Di Bleberan, Playen,Gunung Kidul,” MIMBAR HUKUM Vol. 30 No. 1, 2018.

M. J. Ali, “Metrics for Requirements Engineering,” Umea University, Sweden, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id