Rancang Bangun Sistem Business Intelligence Sederhana Pada Perpustakaan Kampus Politeknik Caltex Riau

Muhammad Fathur Rahman

Abstract


Abstrak

Buku memiliki informasi yang dapat dikonversikan menjadi ilmu oleh setiap individu. Khusus di Politeknik Caltex Riau koleksi buku bertempat di Perpustakaan Politeknik Caltex Riau. Pelayanan pada perpustakaan ditujukan kepada suatu subyek yaitu pembaca. Pembaca akan dikelompokkan dan memiliki catatan yang menunjukkan uraian atas layanan yang digunakan. Data layanan perlu pengelolaan tepat sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan sebagai bukti pelayanan perpustakaan, pelaporan dan sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan. Perpustakaan mengelola data layanan menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Excel sebagai pelaporan kinerja dan dasar pengambilan keputusan. Dengan memantau jumlah peminjam jenis bahan pustaka yang dipinjam, membuat pihak manajemen perpustakaan kesulitan dalam mengetahui minat baca pada suatu jenis buku tertentu dengan jumlah buku yang ada. Setelah dibangun sebuah sistem sederhana berbentuk dashboard berbasis business intelligence yang dapat melakukan visualisasi dan rekapitulasi data layanan pustaka, masalah dapat teratasi. Dashboard dirancang menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai DBMS. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan tingkat kepuasan pengguna berada pada jawaban setuju dan sangat setuju. Disimpulkan bahwa sistem dianggap membantu pihak perpustakaan dalam menentukan kebijakan yang akan diambil melalui hidden knowledge seperti rasio anggaran dengan layanan, perbandingan jumlah pembelian dan layanan serta perbandingan minat baca per tahun yang didapat dari data yang diolah.

Kata Kunci: business intelligence, dashboard, key performance indicators

Full Text:

PDF

References


E. Turban and L. Vollonino, Information Technology For Management, 7th ed. Hoboken, NJ: John Wiley and Sons, Inc., 2011.

W. W. Eckerson, Deploying Dashboards and Scorecards. Woodland Hills, CA: 1105 Media, Inc., 2006.

P. Teguh, “Perancangan Data Warehouse Untuk Mendukung Kebutuhan Informasi Penjualan Dalam Pengambilan Keputusan (Studi kasus : Sesko Mart),” 2016.

M. M. Zain, A. Wibowo, and W. Yunanto, “Rancang Bangun Dashboard Sumur Minyak PT. Chevron Pacific Indonesia Area Minas Untuk Proses Workover Berbasis Web,” J. Aksara Komput. Terap., vol. 5, no. 2, 2017.

A. Martono, F. Sudarto, D. Rustiana, and N. Rahayu, “Rancang Bangun Business Intelligence pada Perpustakaan Sekolah Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cisoka,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013, 2013, pp. 18-33-18–38.

R. T. Herschel, Organizational Applications of Business Intelligence Management Emerging Trends. Hershey, PA: Business Science Reference, 2012.

R. Mulcahy, “Business Intelligence Definition and Solutions,” 2007. [Online]. Available: http://www.cio.com/article/2439504/business-intelligence/business-intelligence-business-intelligence-definition-and-solutions.html. [Accessed: 20-Sep-2018].

W. H. Inmon, Building The Data Warehouse, 3rd ed. Indianapolis, IN: John Wiley & Sons, Inc., 2002.

E. Turban, J. E. Aronson, and T. P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Edisi 7 Jilid 1. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

S. Chaudhuri and U. Dayal, “An Overview of Data Warehousing and OLAP Technology,” Consult. Psychol. J. Pract. Res., vol. 5, no. 2, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id