Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor

Andi Tenri Sumpala, Muhammad Nurtanzis Sutoyo

Abstract


Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional. Salah satu yang membuat hasil produksi kakao menjadi menurun, yaitu dengan adanya penyakit yang ada pada tanaman kakao. Dimana penyakit pada kakao merupakan faktor yang paling merugikan dalam produksi tanaman kakao. Pendiagnosisan terhadap penyakit pada tanaman kakao harus dilakukan secepat mungkin, dikarenakan penyakit pada tanaman kakao dapat dengan cepat menyerang serta menyebar. Dalam hal ini sistem pakar dapat dijadikan alternatif dalam memecahkan permasalahan seorang

pakar dalam mendiagnosis penyakit tanaman kakao. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer. Sedangkan metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah certainty factor dan forward cahining. Berdasarkan hasil pengujian terhadap Sistem Pakar diagnosis Penyakit tanaman kakao dengan metode Certainty Factor dan dan forward chaining keakuratan dengan sistem pakar menghasilkan tingkat keakuratan sebesar 99%.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M., Slamin, & Retnani, W. E. Y. (2017). Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau. Berkala Saintek, 5(1), pp 21-28.

Hakkar, A.A., Ade R., Muhammad D.R., 2014. Pengendalian Penyakit Busuk Buah Phytophthora pada Kakao dengan Cendawan Endofit Trichoderma asperellum. Fitopatologi Indonesia. 10(5): 139 – 144

Detik.com, Yunita, NW, 2017, https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3505693/langkah-kementan-wujudkan-kopi-teh-dan-kakao-jadi-terbaik-di-dunia (diakses tanggal 3 Juni 2017)

Hartati, S., & Iswanti, S. (2013). Sistem Pakar dan Pengembangannya (2nd ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya) (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mevung, F. I., Suyatno, A., Maharani, S., Komputer, I., Ilmu, F., Informasi, T., & Mulawarman, U. (2017). Diagnosis Penyakit Kejiwaan Menggunakan Metode Certainty Factor. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), pp 374-380.

Rohajawati, S., & Supriyati, R. (2010). Sistem Pakar: Diagnosis Penyakit Unggas Dengan Metode Certainty Factor. CommIT, 4(1), pp 41-46.

Rosmana, A, Hikmawati, Zulfikar, M, Asman, Fadillah D, 2013, Identification of a Disease on Cocoa Caused by Fusarium Sulawesi, Pelita Perkebunan 29(3) : 210-219

Sibagariang, S. (2008). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Jurnal TIMES, 3(2), pp 35-39.

Sutoyo, M. N. (2018). Perancangan Basis Data Implementasi Microsoft Visual Foxpro 9.0. Yogyakarta: Deepublish.

Turban, Efraim, Aronson, Jay, 2002, Decision Support System and Intelligent System, Prentice Hall, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id