Model Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Profile Matching

Agustin Agustin, Fransiskus Zoromi, Erlin Erlin

Abstract


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Amik Riau merupakan suatu lembaga yang memfasilitasi dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu agenda tahunan dari lembaga ini adalah melakukan penilaian terhadap kinerja setiap dosen dalam kedua bidang tersebut. Perhitungan kinerja dosen dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat menggunakan metode Profile Matching. Metode ini membandingkan antara kompetensi yang dinilai dengan kompetensi yang telah ditetapkan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya yang disebut gap. Semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar, yang berarti memiliki peluang lebih besar pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun model aplikasi penilaian kinerja dosen, yang menjadi acuan dalam pengembangan perangkat lunak dari aplikasi penilaian kinerja dosen tersebut. Hasil penelitian, telah dibangun sebuah model penilaian kinerja dosen yang diperuntukkan membantu pihak LPPM, dosen dan pimpinan dalam melakukan pengolahan dan penilaian kinerja dosen bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Y. C. Tahaka and Fakultas, “PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT. BANK SULUT,” J. EMBA, vol. 1, no. 4, pp. 402–413, 2011.

F. I. Pendidikan and U. P. Indonesia, “Pedoman Penilaian Kinerja Dosen,” 2009.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi, 2007.

S. W. Priranda Widara Ananta, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL),” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, pp. 574–583, 2013.

I. T. Jumadi, Cecep Nurul Alam, “Pendekatan Logika Fuzzy untuk Perhitungan Gap pada Metode Profile Matching dalam Menentukan Kelayakan Proposal Penelitian,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., no. April, pp. 22–23, 2015.

Agustin, “Pengembangan Model Sistem Pengukuran Kinerja Dosen Berdasarkan TridharmaPerguruan Tinggi Menggunakan Key Performance Indicatordi STMIK Amik Riau,” vol. 1, no. 1, 2016.

A. Erlin, Khusaeri Andesa, “MODEL SISTEM INFORMASI SIAGA SEMINAR NASIONAL INDONESIA,” no. 2012, pp. 256–265, 2014.

Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),” Memahami Pengguna. UML (Unified Model. Lang., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id