Perancangan Alat Bantu Panen Nenas yang Ergonomi

Nofirza Nofirza, Gunawan Prayogi, Ira Setyaningsih, Wresni Anggraini

Abstract


Potensi budi daya nenas di Desa Kualu Nenas, Kampar Riau belum didukung oleh teknologi yang memadai, dan masih dilakukan secara tradisional dan manual. Faktor keselamatan kerja ditanggapi dengan kemampuan dan upaya seadanya, sehingga tidak menyelesaikan permasalahan secara tuntas. Aktifitas pemanenan nenas masih menggunakan peralatan manual berupa sabit pemotong dan keranjang pengangkut nenas, yang mengharuskan postur tubuh petani membungkuk dan bangkit berulang-ulang pada saat proses memetik dan mengumpulkan nenas, dan kondisi muka tanpa pelindung memperbesar potensi kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan menghasilkan alat bantu pemanen nenas yang ergonomis sehingga dapat mengurangi resiko cedera pada saat bekerja. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi keluhan para pekerja menggunakan Nordic Body Map (NBM), dilanjutkan dengan evaluasi Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Hasil evaluasi kemudian diolah dengan mengunakan konsep perancangan produk, sehingga didapatkan kriteria kebutuhan petani seperti alat bantu yang mudah digunakan, mudah perawatan dan tahan lama. Kebutuhan petani kemudian diterjemahkan dan dikembangkan kedalam bentuk alternatif rancangan alat bantu panen. Alat bantu hasil rancangan berupa pisau pemotong bertangkai panjang dilengkapi dengan gerobak dan bak penampung hasil panen. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa alat bantu dapat mempercepat waktu proses pemotongan nenas sebesar 23,49%, mengurangi keluhan sakit sebesar 80%, dan meminimasi kemungkinan terjadinya cedera untuk bagian muka dan tangan. Dengan hasil yang diperoleh diharapkan alat bantu ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan menjadi alternatif teknologi tepat guna bagi petani kedepannya.

 


Full Text:

PDF

References


Almizan. Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Lada Tipe Tirus Putaran Vertikal Berdasarkan Metode Nordic Body Map (NBM) dan Pendekatan Antropometri. Pura. Vol. 1 Nomor 3. Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjung. Pontianak. 2017.

Chandra, G,E, P Dan Desto, J. Perancangan Alat Bantu Jalan Kruk Bagi Penderita Cedera dan Cacat Kaki. Jurnal Teknik Industri Universitas Andalas Padang. Padang 2011

Fernando. F. Rancangan Ulang Alat Pengupas Nanas yang Ergonomi. Tugas Akhir - Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru. 2013.

Kusmindari, D, Rina, O dan Erna, Y. Desain Dayun untuk Mengurangi Muculoskeletal Disorder Pada Pengrajin Songket dengan Menggunakan Aplikasi Nordic Body Ma. Tugas akhir - Jurusan Teknik Industri Universitas Bina Darma. Palembang. 2014.

Nugroho, A,W. Perancangan Ulang Alat Pengupas Kacang Tanah Untuk Meminimalkan Waktu Pengupasan. Tugas Akhir - Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiah Surakarta. Surakarta 2008.

Nurmianto, E. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya. Jakarta. 2008.

Pangaribuan, D,M. Analisa Postur Kerja dengan Metode Rula pada Pegawai Bagian Pelayanan Perpustakaan USU Medan. Tugas Akhir - Jurusan Teknik Industri Universitas Sumatra Utara. Medan. 2009.

Raharjo, P. Usulan Perancangan Alat Pemotongan Kertas Karton. Tugas Akhir -Jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta. 2008.

Rusdianto, B, Sritomo, W dan Dyah S,D. Redesain Helm Militer untuk Siswa TNI AL Dipusat Latihan Pendidikan Dasar Militer, Kobangdikal. Pasis STTAL, TI-26. Jurnal Teknik Industri Universitas Institut Teknik Suruabaya. Surabaya 2010.

Sutalaksana, I, Z Anggawisastra, R dan Tdajakraatmadja, J,H. Teknik Tata Cara Kerja. Teknik Industri. Institut Teknologi Bandung. Bandung. 1979.

Wignjosoebroto, S. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya, Jakarta. 2008.

Yudhi, M,S, Poerwanto dan Anizar. Usulan Alat Bantu Pemindahan Batako untuk Mengurangi Risiko Musculoskeletal Disorders di P.T XYZ. Vol 1, Nomor 3. Jurnal Teknik Industri Universitas Sumatera Utara. 2013.

Zulfiqor, M,T. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculosceletal Disorders pada Welder Diagian Fabrikasi PT. Caterpillar Indonesia. Tugas Akhir - Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id