Implementasi Sensor Mpu 6050 untuk Mengukur Kesetimbangan Self Balancing Robot Menggunakana PID

Oktaf Brillian Kharisma, Folkes E. Laumal

Abstract


Teknologi adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan hidup lebih cepat, dinamis dan menyenangkan. Salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi dibidang robotika. Self Balancing Robot (robot penyeimbang) beroda dua merupakan suatu robot mobile yang tidak akan seimbang apabila tanpa adanya kontroler. Robot akan maju mundur untuk mendapatkan keseimbangan. Untuk mendapatkan kesetimbangan yang baik maka diperlukan sensor keseimbangan yang memiliki sentivitas yang bagus. Sensor MPU 6050 merupakan sensor keseimbangan yang sudah dilengkapi oleh sensor Accelerometer dan Gyroscope  yang mampu membaca sudut kemiringan pada tiga variable sekaligus, yaitu x,y dan z. Algoritma PID akan membantu sensor dalam menyeimbangkan robot dimana komponen Kp, Ki dan Kd akan secara real time mengirim sinyal kepada sensor.  Robot ini mampu berdiri tegak dibidang datar dengan posisi sudut kemiringan awal -200 sampai 200.Nilai manual tuning ideal pada robot ini adalah Kp 70, Kd 250 dan Ki 1.9.Semakin berat dan tinggi mekanik robot maka manual tunning PID harus ditigkatkan juga.


Full Text:

PDF

References


A. P. Gunawan, H. Subagiyo, and R. T. Wahyuni, “Kontrol Kesetimbangan pada Robot Beroda Dua Menggunakan Pengendali PID dan Complementary Filter,” p. 11.

G. Bobby, E. Susanto, and F. Y. Suratman, “Implementasi Robot Keseimbangan Beroda Dua Berbasis Mikrokontroler,” J. Elkomika, vol. 3, no. 2, Feb. 2016.

Nazri, Muhammad. (2016). “Perancangan Robot Penyeimbang Menggunakan Sensor Jarak Berbasis Android”. Universitas Potensi Utama. Medan

http://fritzing.org/projects/working-with-l298n-dc-motor-driver. Diakses pada tanggal 08 September 2017. Diakses pada tanggal 08 September 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id