Perancangan Multimedia Interaktif Visualisasi 3D Struktur Senyawa Turunan Alkana Berbasis WEBGL

Kemal Pasha, Muhammad Jazman

Abstract


Dalam mata pelajaran Kimia, terdapat materi senyawa turunan alkana yang mempelajari struktur, cara penulisan dan tata nama senyawa turunan alkana berdasarkan gugus fungsinya. Pada proses pembelajaran materi ini menggunakan buku paket sebagai sumber materi dan papan tulis untuk menggambar struktur senyawa. Untuk materi ini, penggunaan alat peraga alternatif seperti Molymod dapat dikatakan sedikit, dikarenakan tidak semua sekolah memiliki alat peraga tersebut serta harga Molymod yang kurang terjangkau dan jumlahnya juga terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media pengajaran alternatif dengan tampilan tiga dimensi yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar dalam materi ini sehingga peserta didik dapat memahami struktur-struktur senyawa turunan alkana dalam format tiga dimensi. Teknologi 3D saat ini telah mengalami banyak perkembangan, salah satunya yaitu WebGL. WebGL merupakan 3D library graphics berbasis web yang memungkinkan peramban-peramban internet modern terkini untuk melakukan 3D rendering secara standar dan efisien tanpa membutuhkan instalasi plugin tambahan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi multimedia pembelajaran dengan menggunakan objek tiga dimensi, diharapkan kegiatan belajar mengajar pada senyawa turunan alkana akan menjadi lebih menarik serta dapat dipahami oleh peserta didik. Bagi pengajar, akan memberi tambahan alternatif media pengajaran selain buku dan papan tulis.

Full Text:

PDF

References


Li, H., Leung, K.-S., Nakane, T., & Wong, M.-H. (2014). iview: an interactive WebGL visualizer for protein-ligand complex. BMC Bioinformatics, 1-6. Diambil kembali dari http://www.biomedcentral.com/1471-2105/15/56

Shi, M., Gao, J., & Zhang, M. Q. (2017). Web3DMol: interactive protein structure visualization based on WebGL. Nucleic Acids Research, 523-527. doi:10.1093/nar/gkx383

Králik, M., & Žáková, K. (2015). Interactive WebGL Model of Hydraulic Plant. IFAC-PapersOnLine, 146-151. doi:10.1016/j.ifacol.2015.11.228

Rego, N., & Koes, D. (2014). 3Dmol.js: molecular visualization with WebGL. Bioinformatics, 1322-1324. doi:10.1093/bioinformatics/btu829

Seok, K.-H., & Kim, Y. S. (2014). Implementation of Interactive Web 3D Based Virtual Educational System using O3D-WebGL. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 273-284. doi:10.14257/ijmue.2014.9.4.29

Hennig, M., Gaspers, D., & Mertsching, B. (2013). Interactive WebGL-based 3D Visualizations for Situated Mathematics Teaching. Information Technology Based Higher Education and Training (ITHET). doi:10.1109/ITHET.2013.6671038

Birr, S., Mönch, J., & Sommerfeld, D. (2013, September/October). The LiverAnatomyExplorer A WebGL-Based Surgical Teaching Tool. 3D for the Web, 48-58.

Yuan, S., Chan, S. H., & Hu, Z. (2017). Implementing WebGL and HTML5 in Macromolecular Visualization and Modern Computer-Aided. Trends in Biotechnology, 35(6), 559-571. doi:10.1016/j.tibtech.2017.03.009

Blender.org. (2016). Blender 2.78 Manual. Diambil kembali dari Blender Website: https://docs.blender.org/manual/en/dev/getting_started/about/introduction.html

Cantor, D., & Jones, B. (2012). WebGL Beginner's Guide. Birmingham: Packt Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id