Pengukuran Kapabilitas Proses Manajemen Sumberdaya Manusia Ti Menggunakan Framework COBIT 4.1

mega wati

Abstract


Hadirnya Sistem Informasi Geografis Pergudangan berguna sebagai pengelolaan dan monitoring aset gudang setiap bidang usaha di Kota Pekanbaru yang dikelola oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru. Permasalahan yang ditemukan dalam penerapan sistem ini yaitu  aktifitias training, evaluasi dan kompetensi pegawai yang belum berjalan sesuai standar, selain itu kurangya pengetahuan pegawai terhadap permasalahan pada perangkat TI (Teknologi Informasi). Perangkat dinas berupaya meningkatkan kualitas kinerja sistem pada pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) TI untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Dari hasil kuisioner COBIT 4.1 PAM (Process Assesment Model) pada proses pengelolaan SDM TI (PO07) saat ini, mendapatkan hasil level 1 dengan nilai 80,00% atau setara dengan Largely Achieved. Hal ini menunjukkan kriteria secara garis besar sudah tercapai dan telah terdapat fakta atau bukti atas pendekatan sistematis, namun masih ada beberapa kelemahan. Untuk mencapai target maksimal, pihak dinas dapat melakukan rekomendasi perbaikan dengan memperhatikan proses atribut dari level 1 sampai level 3.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

JURNAL:

Surendro, Kridanto. “Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi”. Bandung : Informatika. 2009.

Megawati, dan Fauzi Amrullah. “Evaluasi Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Model Maturiry Level COBIT 4.1 (Studi Kasus PT. BRI Cabang Bangkinang”. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12 No. 1, Hal. 99-100, Desember 2014.

BUKU:

Gondodiyoto, Sanyoto. “Audit Sistem Informasi + Pendekatan COBIT”. Mitra Wacana Media, Jakarta. 2007.

IT Governance Institute. “COBIT ver. 4.1: Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models. Rolling Meadow”. 2007.

ISACA, “COBIT® Process Assessment Model (PAM) Using COBIT 4.1”, USA:ISACA, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id