Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Meningkat Penjualan Kerupuk Udang Siti Hadana di Kecamatan Tanah Merah Menggunakan TOPSIS

Dewi Diniaty, Alimuddin Alimuddin, Ismu Kusumanto, Ahmad MasAri

Abstract


Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerupuk Udang Siti Hadana merupakan industri yang membuat produk Kerupuk. Permasalahan yang dihadapi oleh UKM Kerupuk Udang Siti Hadana adalah menurunnya jumlah pendapatan dan biaya produksi yang terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan Kerupuk Udang Siti Hadana dan merencanakan strategi pemasaran dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan hasil pengolahan data, faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan Kerupuk Udang Siti Hadana yaitu Produk dan Harga. Selanjutnya produk dan harga dikembangkan menjadi empat alternatif yaitu pengembangan produk, permintaan produk, penawaran harga dan evaluasi harga. Pemilihan strategi pemasaran dilakukan dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil pengolahan data dari metode TOPSIS adalah alternatif 1 yaitu pengembangan produk dengan nilai 0,575 dimana perusahaan berusaha untuk berbeda dengan perusahaan lainnya di dalam industri yang sama, perbedaan bisa pada produk yaitu dengan melakukan pengembangan atau diversifikasi produk seperti menciptakan variasi rasa, warna, aroma kerupuk yang tidak menyengat, kerupuk tidak mengandung banyak minyak, serta pencantuman komposisi produk dan memberikan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id