Usulan Penerapan 5S Di Departemen Workshop (BENGKEL) PT. X

Dewi Diniaty, Yurike Novita Sari, Eki Gilang Permata, Fiora Helmi

Abstract


ABSTRAK

PT. X adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil dan Palm Kernel Oil. Pada departemen workshop, masih terdapat penataan yang kurang baik. Dimana peletakan komponen-komponen perlengkapan bengkel yang tidak beraturan. Selain itu, peralatan mesin yang tidak diberi label ditumpuk juga tidak beraturan dan area-area mesin yang tidak tertata dengan rapi. Untuk itu, dilakukan penelitian mengenai penerapan 5S dengan tujuan memberikan usulan perbaikan 5S dan memberikan usulan Standard Operation Procedure penerapan 5S untuk program perbaikan secara berkala. Hasil penelitian berupa usulan perbaikan dari metode 5S yaitu pada seiri (pemilahan), Seiton (penataan), Seiso (pembersihan), Seiketsu (Pemantapan) dan Shitsuke (Pembiasaan). Pemberian usulan membuat SOP Penerapan 5S sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian pekerja yang bertujuan untuk memperjelas tugas, wewenang dan tanggung jawab setiap pekerja.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Seiri, Seiso, Seiton, Shitsuke, Sheiketsu, SOP


Full Text:

PDF

References


Fitri, Muhamad. Gemba Kaizen dan Hubungannya dengan Penerapan Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001. Jurnal Teknologi Elektro. 2016 ; Vol. 7.

Kartika, H dan Hastuti, T. Analisa Pengaruh Sikap Kerja 5S dan Faktor Penghambat Penerapan 5S Terhadap Efektivitas kerja Departemen Produksi di Perusahaan Sepatu. Jurnal Ilmiah PASTI. 2012 ; Vol. V.

Kusuma, Arta Ardi. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja aryawan Hitel Muria Semara. Skripsi Fakultas Universitas Negeri Semarang. Semarang; 2013.

Lingareddy, Harsha ,dkk. 5S As A Tool And Strategy For Improvising The Work Place. Internasional Journal Of Advanced Engineering Technology. 2013 ; Vol. IV.

Rahman, Robby Surya. Perancangan 5s (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Dan Shitsuke ) Pada Industri Roti (Studi Kasus Home Industri Muri Naga). Tugas Akhir Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru; 2013.

Rizza, Muhammad Akhlis. Aplikasi 5S Pada Bengkel Politeknik. Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik. 2012 ; Vol. 6.

Ruslianto. Penerapan Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Dan Shitsuke (5S) Di Workshop PT. Hino Motors Sales Indonesia. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta; 2013.

Shaikh, Saad, dkk. Review Of 5S Technique. International Journal Of Science, Engineering and Technology Research (IJSETR). 2015; Vol. 4.

Sayuti, A. Pentingnya Standar Operasional Prosedur Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja dalam Perusahaan. Jurnal Ilmiah Prodi Administrasi Bisnis. 2002; Vol IV.

Setiawati, Wiwien. Penyusunan Standart Zoperating Procedure (SOP) Pada PT. Sketsa Cipta Graha Di Surabaya. Jurnal Agora. 2015; Vol. 3.

Suwondo, Chandra. Penerapan Budaya Kerja Unggulan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu Dan Shitsuke) Di Indonesia. Jurnal Magister Manajemen. 2012; Vol. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id