USULAN RANCANGAN JEMURAN BUAH PINANG DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI

Anwardi Anwardi, Sahria Sahria

Abstract


Perancangan stasiun kerja yang baik harus memperhatikan peranan dan fungsi pokok dari komponen-komponen sistem kerja yang terlibat seperti manusia, mesin/peralatan dan lingkungan fisik kerja. Proses pengolahan buah pinang melalui beberapa tahap. Salah satu tahap yang membutuhkan waktu yang cukup lama adalah proses penjemuran menggunakan tempat jemuran dengan kondisi kerja yang tidak memperhatikan prinsip-prinsip ergonomi yang berpotensi menyebabkan keluhan-keluhan fisik atau sistem musculoskeletal pada pekerja pinang. Hasil pengolahan yang telah dilakukan diketahui bahwa rancangan, karena ukuran tempat jemuran telah disesuaikan dengan antropometri pekerja. Adapun ukuran tempat jemuran hasil rancangan adalah tinggi maksial jemuran buah pinang 143,21 cm, tinggi minimal 114,46 cm, panjang jemuran 504.64 cm, lebar 374.46 cm.


Full Text:

PDF

References


Astika, 2008. Kontribusi Perancangan Sistem Kerja, dan Ergonomi (PSKE) dalam upaya peningkatan produktivitas pada level shopfloor.

Grandjean, E. 1993. Fitting the Task to The Man . 4th edition. London: Taylor & Francis

Nurmianto, Eko. 1991. Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya.

Purnomo, Wicaksono, 2008. Intervensi Ergonomi Makro Untuk Perancangan Ulang Gerobak Angkringan di Yogyakarta.

Purnomo, 2012. Perancangan Sistem Kerja Berkelanjutan: Pendekatan Holistik untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerja, Pidato Pengukuhan dalam Jabatan Guru Besar. UII Yogyakarta.

Susetyo, J., Isna, O. T., and Hastiko, H. I., Prevalensi Keluhan Subyektif atau Kelelahan karena Sikap Kerja yang Tidak Ergonomis pada Pengrajin Perak, Jurnal Teknologi, 1(2), 2008, pp. 141-149

Teja. A.R. 2009. Senam Ergonomi. Makalah ilmiah Workshop Nerve Mobilitation dan temu alumni fisioterapi ergonomic axercises pasca nerve Mobilitation. Makassar, 12 Maret

Wignjosoebroto, S. (1995), Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Surabaya: Guna Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id