PENILAIAN TINGKAT KEMATANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT YANG MELAYANI BPJS DENGAN FRAMEWORK COBIT (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT SWASTA KOTA PALEMBANG)

Ervi Cofriyanti, Leni Novianti, Dewi Irmawati Siregar

Abstract


Layanan BPJS yang didukung oleh SI/TI masih mengalami beberapa kelemahan yang akan membawa citra negatif bagi rumah sakit di Indonesia, khususnya rumah sakit yang menerima layanan BPJS di Kota Palembang. Sementara itu, makin meningkatnya jumlah rumah sakit di Kota Palembang baik dimiliki oleh swasta maupun pemerintah menimbulkan persaingan yang makin ketat dan menuntut tiap rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya Untuk mendukung kemampuan dan tingkat pelayanan supaya mampu bersaing dengan lembaga kesehatan yang lainnya perlu adanya pengelolaan yang berbasis teknologi informasi (TI). Sehingga perlu adanya penilaian sudah sejauh manakah tingkat kematangan pengelolaan SI/TI pada rumah sakit yang melayani BPJS dengan menggunakan framework COBIT. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara serta pengisian kuesioner oleh staf SI/TI pada rumah sakit di Kota Palembang yaitu RS XYZ. Pemilihan rumah sakit ini berdasarkan penggunaan SI/TI yang mana telah terdapat sistem informasi manajemen rumah sakit di dalamnya, terdapat layanan BPJS dan rumah sakit ini masih bertipe C. Untuk pembuatan kuesioner, indikatornya mengacu pada domain COBIT. Output dari penelitian ini adalah level kematangan pengelolaan SI/TI dan rekomendasi perbaikan pada RS XYZ. Hasil dari pengukuran tingkat kematangan yang dilakukan pada RS XYZ level tertinggi adalah 4 dan level terendah adalah 1. Nilai rata-rata yang diperoleh oleh RS XYZ adalah 2,85 yang artinya pemanfaatan SI/TI rumah sakit masih berada pada tingkat kematangan di level 2 (Repeatable but Intuitive). Agar rumah sakit dapat meningkatkan peran dan fungsi TI dalam mendukung strategi bisnis khususnya untuk proses bisnis pada layanan BPJS, rumah sakit harus menyadari pentingnya sebuah tata kelola TI yang baik dan dilakukan evaluasi untuk memastikan pemanfaatan SI/TI telah sesuai.


Full Text:

PDF

References


Http://sirs.buk.depkes.go.id diakses pada tanggal 21 Juni 2016 pukul 02.53 WIB.

Http://bpjs-kesehatan.go.id diakses pada tanggal 24 April 2016 pukul 10.06 WIB.

http://www.suarakarya-online.com diakses pada tanggal 4 Mei 2016 pukul 06.09 WIB.

Pikiran Rakyat tanggal 20 November 2015.

Gumilang, M.F., Eng K.I dan Galinium M. Assessment of Service Maturity of “Kartu Jakarta Sehat” Application System. 2013. http://ieeexplore.ieee.org.

Faoziah, R.A., Kurniati A.P., Laksitowening K.A., dan Adiwijaya. Audit of Health Agency for Supporting an e-Health Management System (EHMS) Case Study : Ciparay Health Center Bandung. 2014. 2nd International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT). http://ieeexplore.ieee.org.

Winardi, S. Penerapan COBIT Framework untuk Menilai Pengelolaan Teknologi Informasi dan Tingkat Kepuasan Pelayanan (Studi Kasus pada Klinik “XYZ” Yogyakarta). 2016. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: sntiki@uin-suska.ac.id