KURIKULUM TERPADU ANTARA ISLAM DAN SAINS

Muhammad AR

Abstract


Integrasi kurikulum antara Islam dan sains sudah dilaksanakan di pesantren-pesantren terpadu di seluruh Indonesia termasuk di Aceh yang disebut dengan dayah terpadu. Perpaduan kurikulum Islam dan sains bertujuan melahirkan intelektual Muslim yang tidak menjauhi teknologi, modernisasi, kemajuan dan menolak mentah-mentah sesuatu yang datangnya dari Barat. Walaupun terdapat sedikit perbedaan pengertian antara Barat dan Islam khususnya dalam memaknai kurikulum, namun hal tersebut dinilai masih dalam batas-batas kewajaran. Dalam ranah perguruan tinggi seperti di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry, integrasi kurikulum antara Sains dan Islam dilaksanakan pada setiap mata kuliah dengan membaca satu ayat yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut sebelum kuliah dimulai. Disamping itu, ada pula program one day one ayat yang harus dihafal oleh mahasiswa, dan selalu di setor kepada penesehat akademiknya setiap bulan. Kurikulum terpadu antara Islam dan sains mutlak diperlukan untuk menghasilkan lulusan yang religi dan berketuhanan. Kurikulum ini telah terbukti berhasil diaplikasikan di sekolah menengah umum, sekolah agama serta di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Full Text:

PDF

References


Referensi

Abu Bakar Nordin. (1991). Kurikulum : Perspektif dan Pelaksanaan. Kualau Lumpur: Pustaka Antara.

Abdul Rahman I, Doi dalam in Ghazali Basri ed. (1991). An Integrated Education System in a Multi-Faith and Multi-Cultural Country. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia.

Cornbleth, C., “ Beyond Hidden Curriculum” , Journal of Curriculum Studies 16:1. halaman 29-36, 1992.

Tanner dan Tanner dalam in Noor Hisham Md Nawi (2011). Konsepsualisasi Semula Kurikulum Pendidikan Islam. Tanjung Malim, Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Goodson dalam Muhammad AR. (2010). Akulturasi Nilai-Nilai Persaudaraan Islam Model Dayah Aceh. Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Lektur Keagamaan, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ismail Raji al-Faruqi. (1409 AH/1988 AC). Islam: Source and Purpose of Knowledge. Herndon, Virginia, U.S.A. : International Institute of Islamic Thought;

Kamil dan Munir dalam Evans in Noor Hisham Md Nawi (2011). Konsepsualisasi Semula Kurikulusm Pendidikan Islam. Tanjung Malim, Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

M.A. Kazi. (1409 AH/1988 AC). Islam: Source and Purpose of Knowledge. I Herndon, Virginia, U.S.A. : International Institute of Islamic Thought.

Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Muhammad AR. ‘The Curriculum of Islamic Studies in Traditional and Modern Dayas in Aceh: A Comparative Study’. Al-Jami’ah, Journal of Islamic Studies, Volume 39, Number 1 January-June 2001.

Muhammad AR. (2010). Akulturasi Nilai-Nilai Persaudaraan islam Model Dayah Aceh. Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Lektur Keagamaan, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Negley dan Evans in Noor Hisham Md Nawi (2011). Konsepsualisasi Semula Kurikulum Pendidikan Islam. Tanjung Malim, Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Omar Al-Syaibani. (1991). Falsafah Pendidikan Islam. Penterjemah Prof. Dr. Hasan Langgulung, Shah Alam, Malaysia: Hizbi.

Sufean Hussin. (1996). Pendidikan di Malaysia : Sejarah, Sistem, dan Falsafah. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Syed Ali Ashraf in Ghazali Basri ed. (1991).An Integrated Education System in a Multi-Faith and Multi-Cultural Country. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia.

William B. Ragan in Noor Hisham Md Nawi (2011). Konsepsualisasi Semula Kurikulum Pendidikan Islam. Tanjung Malim, Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id