PEMANFAATAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENENTUAN PENERIMA UKT KELOMPOK 1

Gusmelia Testiana, Rachmansyah Rachmansyah

Abstract


Mahasiswa yang telah lulus tes harus membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), UKT yang harus dibayarkan mahasiswa sangat bervariasi setiap program studi. Pengambilan keputusan untuk menentukan kelompok UKT yang harus dibayar mahasiswa membutuhkan waktu lama. Permasalahan yang dihadapi adalah dengan adanya aturan UKT kelompok I diterapkan kepada paling sedikit 5 (lima) persen dari jumlah mahasiswa yang diterima, masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat sistem untuk menyeleksi sekumpulan alternative yang didasarkan atas beberapa criteria. Permasalahan seperti ini sering kali dikenal dengan istilah Multiple Attribute Decision Making (MADM). Pembahasan pada penelitian ini yaitu Pemanfaatan Logika Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk Penentuan Penerima UKT Kelompok 1 di UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan dengan proses perangkingan yang akan menetukan alternative yang optimal, yaitu menentukan penerima UKT kelompok 1.

Full Text:

PDF

References


Engel, James F., Blackwell, Roger D., dan Miniard, Paul W. 2003. Consumer Behaviour. Eleventh Edition. Orlando: The Dryden Press.

Jogiyanto, H.M. 1999. Pengenalan Komputer. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Kusumadewi, Sri dan Purnomo, Hari. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri, Hartati. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ladjamudin, Al-Bahra bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simon, Herbert A. 1977. The New Science of Management Decision. Revise Edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Suyanto. 2007. Artificial Intelligence. Edisi Pertama. Bandung: Informatika.

Turban, Efraim, Aronson, Jay E., dan Liang, Ting Peng. 2005. Decision Support System and Intelligent System. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: sntiki@uin-suska.ac.id