PENERAPAN KNOWLEDGE TRANSFER PADA E-LEARNING

Nesdi Evrilyan Rozanda, Rizqi Wahyuningsih, Saide Saide

Abstract


E-learning adalah sebuah metode pembelajaran berbasis teknologi dimana kegiatan pembelajaran dilakukan secara online melalui sebuah sistem atau aplikasi. Sejak tahun 2015, UIN SUSKA RIAU telah membangun sebuah sistem E-learning. Namun, E-learning suska tidak digunakan secara efektif, hanya 61 dari 668 dosen yang menggunakan E-learning. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya kenyamanan pengguna dalam mentransfer Knowledge melalui sistem E-learning. Dengan menerapkan Knowledge Transfer ke dalam E-learning untuk mengidentifikasi, memilih, mengatur, dan menyebarkan informasi serta keahlian penting di dalam suatu Universitas untuk mengembangkan produktivitas dan prestasi belajar mahasiswa serta produktivitas tenaga pengajar sehingga mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran antar dosen dan mahasiswa. Penelitian ini menawarkan sebuah metode pengukuran menggunakan metode COLLES,untuk mengukur tingkat kenyamanan berdasarkan Knowledge pengguna dalam transfer Knowledge menggunakan Knowledge Management System (E-learning), maka diharapkan mampu membantu proses evaluasi dalam pengembangan E-learning di UIN SUSKA Riau sehingga dapat digunakan secara efektif.


Full Text:

PDF

References


Kahiigi, Evelyn Kigozi, Love Ekenberg, Henrik Hansson, F.F Tusubira, dan Mats Danielson. “Exploring the e-Learning State of Art.” Electronic Journal e-Learning Volume 6 , no. Issue 2 (2008): 77-88.

Muzid, Syafiul, and Mishbahul Munir. "Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia)." Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005), Juni 2005: 27 - 34.

Budi, dan Brian Nurjayanti. “Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-Learning (Studi Kasus Mata Kuliah Bahasa Pemrograman).” Jurnal Sains Terapan Vol-2, no. Edisi II (September 2012): 103 – 113.

Budiarti, Yusnia. "Penerapan Knowledge Management System Pada E-Learning Dengan Metode COLLES Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering (Lppm3.bsi.ac.id/jurnal) Volume 1 , no. No 1 (2015).

Solichin, Achmad. Mengukur Tingkat Kenyamanan Penggunaan Sistem E-learning Moodle dalam Proses Knowledge Sharing: Studi Kasus di Universitas Budi Luhur. Jakarta: Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Tanpa tahun.

Ratnasari, Anita. "Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta." Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012), Juni 2012.

Nunthaluxna Sthapornnanon, PhD, PhD Rungpetch Sakulbumrungsil, Anuchai Theeraroungchaisri PhD, and MSc Suntaree Watcharadamrongkun. "Social Constructivist Learning Environment in an Online Professional Practice Course." American Journal of Pharmaceutical Education 73, no. 1 (2009).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan: Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi. Vol. Nomor 109 . Indonesia, 2013.

Nugraha, I Kadek Agus Erta, Ketut Agustini, and I Gede Partha Sindu. "Analisis Pemanfaatan E-Learning Sebagai Knowledge Management Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha." Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Volume 6, no. Nomor 1 (2017).

Sopandi, Omar Dani, and Udin S.Saud. "IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI." Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII , no. No.2 (2016): 1-13.

Sengupta, Abhijit, and Amit S. Ray. "Choice of Structure, Business Model and Portfolio: Organizational Models of Knowledge Transfer Offices in British Universities." British Journal of Management Vol. 00 (2017): 1–24.

Sugiyani, Yani, Roy Amrullah Ritonga, and Jamjuri. "Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Semantic Web Pada Balai Tekkom Dinas Pendidikan Provinsi Banten." Jurnal Sistem Informasi 2 (2015): 17-23.

Lestari, Ade Fitria, and Dana Indra Sensuse. "Rancang Bangun Prototipe Knowledge Management System Bahan Ajar Guru Dengan Model Seci Dan Mvc : Studi Kasus Sdit Al-Hikmah Cipayung Depok." Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol.X, no. No. 2 (September 2014).

Owen, David-Huw. "Knowledge Transfer – a non academic perspective." CES Seminar. Surrey University, 2011.

Gil, Alfonso J., and Francisco J. Carrillo2. "Knowledge transfer and the learning process in Spanish wineries." Knowledge Management Research & Practice (2016) 14, no. 1 (2016): 60–68.

Taylor, P. and Maor, D. (2000). Assessing the efficacy of online teaching with theConstructivist On-Line Learning Environment Survey. In A. Herrmann and M.M. Kulski (Eds), FlexibleFutures in Tertiary Teaching. Proceedings of the 9th Annual Teaching Learning Forum, 2-4 February2000. Perth: Curtin University of Technology. http://lsn.curtin.edu.au/tlf/tlf2000/taylor.html

Internet:

Elearning.uin-suska.ac.id

uin-suska.ac.id/akademik/tenaga-akademik/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id