ANALISIS BIAYA PEMBANGUNAN PROYEK PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE PERT DAN EVM (STUDI KASUS: PERUMAHAN D’LION CLUSTER)

Sri Basriati, Afri Melda

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang perbandingan optimalisasi waktu pengerjaan proyek perumahan dengan menggunakan metode Program Evaluation and Review Technique (PERT) dan Eearned Value Method (EVM), dengan studi kasus proyek perumahan D’Lion Cluster. Optimalisasi ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan proyek perumahan dan memprediksi percepatan waktu pengerjaan proyek apabila dilakukan penambahan waktu jam kerja selama 1 jam dan 3 jam. Serta memprediksi penambahan biaya proyek setelah dilakukan penambahan waktu kerja. Hasil perbandingan dari metode PERT dan EVM tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk memperoleh biaya dan waktu yang optimum lebih baik menggunakan metode EVM, karena perkiraan waktu penyelesaian proyek dan nilai tambahan serta cost slope nya lebih rendah dibanding metode PERT.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, T.T. dan A.Dimyati. Operations Research: Model-Model Pengambilan Keputusan. Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung. 2009.

Dewi, Nirmala. “Studi Penggunaan Metode EVM pada Pengendalian Biaya dan Waktu pada Proyek Pembangunan Mall Grand Daya Square”. Skripsi. Jurusan Sipil Universitas Hasanuddin. 2015.

Hakim, Arman Nasution. Manajemen Industri. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2005.

Harahap, Ali Anwar. “Optimasi Pelaksanaan Proyek Pembangunan Perumahan Royal Platinum Menggunakan PERT dan CPM”. Skripsi. Jurusan Matematika UIN SUSKA Riau. 2012.

Husen, Abrar. Manajeman Proyek. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2009.

Nugraha, D.P. dan Marjono. “Analisis Proyek Pengembangan Bangunan Menggunakan Critical Path Method dan Earned Value Method (Studi Kasus di PT. Musashi Auto Part Indonesia Karawang)”. Jurnal Matematika F.MIPA. Universitas Brawijaya. Malang. 2012.

Nugroho, Aryo Andri. ”Optimalisasi Penjadwalan Proyek pada Pembangunan Gedung Khusus (Laboratorium) Stasiun Karantina Ikan Kelas 1 Tanjung Mas Semarang”. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. 2007.

Purnomo, Hari. Pengantar Teknik Industri. Penerbit Graha Ilmu, Bandung. 2006.

Ridho, M.R. dan Syahrizal. “Evaluasi Penjadwalan Waktu dan Biaya Proyek dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kantor Badan Pusat Statistik Kota Medan Di Jl. Gapert Medan, Sumatera Utara)”. Jurnal Teknki Sipil. Universitas Sumatra Utara.

Siswanto. Operations Research. Jilid Pertama. Penerbit Erlangga, Jakarta. 1994.

Trisno Angung Dumadi, dkk. “Evaluasi Pelaksanaan Proyek Menggunakan Metode Earned Value Analysis”. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Muhammadiyah Surakarta.2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id