IMPLEMENTASI FUZZY DATABASE MODEL TAHANI UNTUK PEMBELIAN RUMAH PERUMNAS

Ewi Ismaredah

Abstract


Sistem Pengambilan Keputusan dengan dukungan Basis Data Fuzzy dan diimplementasikan dengan program aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Basic. Data dikumpulkan melalui observasi secara langsung dan kajian tentang kriteria dalam pemilihan pembelian rumah. Kajian ini untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang ada, sehingga dapat di implementasikan dengan Sistem Pengambilan Keputusan menggunakan Basis Data Fuzzy Model Tahani. Selanjutnya data dianalisa dan dipahami teknik pendukung keputusan yang akan digunakan dalam pengolahan data yang diperoleh terutama pada prosesnya menggunakan Basis Data Fuzzy Model Tahani, dengan menggunakan data yang bersifat fuzzy, baik itu untuk pembelajaran maupun pengujian. Dari pelatihan dan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa berdasarkan hasil implementasi dengan program aplikasi maka pengambilan keputusan pemilihan pembelian rumah dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Full Text:

PDF

References


Eliyani, Utomo Pujianto, Didin Rosyadi. 2009 Decision Suport System Untuk Pembelian Mobil Menggunakan Fuzzy Database Model Tahani, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta

Fathansyah. 199). Basis Data. Informatika. Bandung

Muhammad Sadeli. 2009 Pemrograman Database Dengan Visual Basic .Net 2008 Untuk Orang Awam, Maxicom. Palembang.

Rian Anggraeni, Wawan Indarto, Sri Kusumadewi. 2004. SISTEM PENCARIAN KRITERIA KELULUSAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TAHANI, Media Informatika. Yogyakarta.

Sri Kusumadewi, Hari Purnomo. 2004. AplikasiLogika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan., Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sri Kusumadewi. 2003. Artificial Intelligence., Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sutanta, E. 2004. Sistem Basis Data. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Tethi. C. Ling. Development Of Fuzzy Database Systems: Malaysian Journal Of Computer Science, Vol. 10 No. 1, 2001, Pp. 42-46.

Wahana Komputer. 2009. Membangun Aplikasi Toko Dengan Visual Basic 2008. Andi. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id