UJI COBA DAN EVALUASI KERAMBA HASIL ISLAMIC- ERGONOMIC DESIGN DENGAN METODE USABILITY TESTING

Wresni Anggraini, Nofirza Nofirza

Abstract


Perancangan keramba apung untuk budidaya ikan jelawat yang sudah dilakukan pada penelitian sebelumnya membutuhkan pembuktian empiris, sehingga pengoptimalan fungsi dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba keramba apung hasil perancangan ulang berdasarkan konsep Islamic-Ergonomic Design dengan metode usability testing. Aspek yang ditinjau yaitu kepuasan, efektifitas dan efisiensi dengan melakukan pengukuran langsung kepada pengguna user dan eksperimen lapangan. Metode usability testing yang digunakan yaitu: critical design by expert, desain eksperimen, dan Focus Group Discussion (FGD). Pengumpulan data dilakukan dengan menyemai bibit ikan nila dan ikan jelawat, dan mencatat pertumbuhan ikan tersebut selama kurang lebih 3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian aspek usability testing yaitu: aspek kepuasan untuk indikator kualitas bahan, kemudahan aktifitas dalam keramba dan safety keramba bernilai 4.67 (level mendekati nilai sangat baik), aspek efektifitas untuk indikator penurunan jumlah kematian ikan akibat terbentur, kelancaran arus dan ketersediaan cahaya adalah 4.33 (level melewati nilai baik) dan aspek efisiensi dengan indikator kemudahan pemindahan keramba dan kontrol keramba, memperoleh nilai 3 (level sedang/biasa). Hasil ini mengindikasikan bahwa keramba hasil rancangan dinilai layak untuk dikembangkan dengan beberapa kondisi yang perlu menjadi perhatian, sehingga pencapaian hasil budidaya ikan dapat optimal.


Full Text:

PDF

References


Narulita, Ririn, dkk. EvaluasiMetodedanKriteria Usability Testing padaAplikasi Mobile untukAnak-anakSekolahDasar di Indonesia.ProsidingIenaco 2015. 592-597

Nurmianto, E. Ergonomi, KonsepDasardanAplikasinya. GunaWidya Jakarta. 2008.

Purnomo, H. Pengantar Teknik Industri. Graha Ilmu. Yogyakarta, 2004.

Reksoatmodjo, T. N. Statistika Teknik. Bandung. 2009.

Rubin, Jeff, dkk. Handbook of Usability Testing. Second Edition. Wiley Publishing Inc, Indianapolis, Indiana. 2008

Sari, E. Analisis dan Perancangan Ulang Leaf Trolys yang Memenuhi Kaidah-Kaidah Ergonomi Studi Kasus di PTP. Nusantara VI Pabrik Teh Danau Kembar. Jurnal Teknik Industri Universitas Trisakti. 2011.

Siswanto, Daniel, dkk. PerancanganUlangKemasan Cup Kopi InstranBerdasarkan User-Centered Design. 22 INASEA, Vol. 12 No.1, April 2011: 22-32

Suhardi, Bambang. Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008.

Suwanda. Desain Ekperimen Untuk Penelitian Ilmiah. Alfabeta. 2011. Bandung

Tjitro, Soejono, dkk. Desain Eksperimen Untuk Mengoptimalkan Proses

Utami, Tania Surya, dkk. Perbandingan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol

Daun Simpur (Dillenia indica) Dari Berbagai Metode Ekstraksi Dengan Uji ANOVA. Seminar Nasional Teknik kimia indonesia. Bandung. 2009.

Widodo, D. Perencanaan dan Pengembangan Produk. UII Press Yogyakarta. 2005

Wignjosoebroto, Sritomo. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Guna Widya. Jakarta. 2008.

Wignjosoebroto, S, dkk.PerancanganGerobakSampah yang Ergonomis dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Metode Quality Function Deployment. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. 2005.

Wuryandari, Triastuti, dkk.Metode Taguchi Untuk Optimalisasi Produk Pada Rancangan Faktorial. Program Studi Statistika FMIPA UNDIP. 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id