PERENCANAAN STRATEGI MANAJEMEN STAKEHOLDER UNTUK PROGRAM IMPLEMENTASI ERP DI PTPN XI

Dea Wemona Rahma, Anisah Herdiyanti, Hanim Maria Astuti

Abstract


Implementasi ERP menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Namun nyatanya tidak sedikit kegagalan proyek implementasi yang terjadi khususnya yang berkaitan dengan manajemen stakeholder. Program implementasi ERP pada PTPN XI terdiri dari beberapa proyek (multiple projects) yang belum tentu stakeholder pada tiap proyek sama. Semakin banyak stakeholder, semakin banyak pula sudut pandang yang harus diperhatikan oleh Project Management Office. Minimnya keterlibatan stakeholder dalam proyek dapat memunculkan permasalahan seperti timbul konflik yang disebabkan oleh perbedaan minat maupun perbedaan sudut pandang. Jika konflik terjadi maka akan berpengaruh terhadap waktu pengerjaan proyek, biaya, dan tentunya kualitas proyek.

Metodologi penelitian yang digunakan berdasarkan pada PMBOK 5 dan teknik Stakeholder Analysis. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan stakeholder program implementasi ke dalam matrix power/interest. Kemudian dibuatlah strategi manajemen stakeholder yang disesuaikan dengan power dan interest tiap stakeholder.Hasil utama dari penelitian ini yaitu matrix pengelompokan stakeholder beserta rencana strategi manajemen stakeholdernya. Dengan adanya rencana strategi yang jelas diharapkan performa proyek akan meningkat.


Full Text:

PDF

References


Isnaeni LA. Perancangan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan OPENBRAVO Modul Sales Management Sub Modul Sales Order pada PT ABC. Universitas Gunadarma, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi; 2008.

Marjolein C. Achterkamp JFJV. Investigating the Use of Stakeholder Notion in Project Management Literature, a meta-analysis. International Journal of Project Management. ; 26.

Bert Enserink LHJKe. Introduction Why Actor Analysis? In Policy Analysis of Multi-Actor Systems.: Lemma; 2010.

Project Management Institute. Project Management Body of Knowledge. In.; 2013.

Project Management Instititute. Overview Project Stakeholder Management. In Project Management Body of Knowledge 5th Edition. p. 391.

Bert Enserink LHJKWTJKPB. Policy Analysis of Multi-Actor Systems: Lemma; 2010.

Jeffery N. Stakeholder Engagement: A Road Map to Meaningful Engangement: Cranfield: School of Management; 2009.

Project Management Institute. Control Stakeholder Engagement. In Project Management Body of Knowledge 5th Ed.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id