MODEL MATEMATIKA JUMLAH PEROKOK DENGAN DINAMIKA AKAR KUADRAT DAN FAKTOR MIGRASI

Mohammad Soleh, Delli Sazmita

Abstract


Pada makalah ini dijelaskan tentang model matematika jumlah perokok dengan laju penyebaran perokok menggunakan dinamika akar kuadrat dan migrasi. Populasi dibagi menjadi empat subpopulasi, yaitu perokok potensial, perokok kadang-kadang, perokok berat, dan mantan perokok. Hasil yang diperoleh dari analisis model, yaitu terdapat satu titik ekuilibrium endemik perokok. Jika syarat terpenuhi, maka titik ekuilibrium endemik perokok akan stabil asimtotik, dan pada jangka waktu yang lama akan selalu terjadi penyebaran perokok.


Full Text:

PDF

References


Allen, Linda.J.S. “An Introduction to Mathematical Biology”. Pearson, Inggris. 2006.

Anggraini, M.V.Miswanto, dan Fatmawati.“Analisis Model Matematika Jumlah Perokok dengan Dinamika Akar Kuadrat,”Universitas Airlangga. Vol.2,No.2, halaman 10-20. 2013.

Ginting, M.D.F.“Efektivitas Focus Group Discussion Terhadap Peningkatan Smoking Self Efficacy Pada Kelompok Pria Dewasa Awal Kategori Perokok Sedang,”Universitas Sumatera Utara. 2014.

Gust, Sarake Mukhsen, Ikhsan Muhammad.“Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Rokok Yang Dihisap

Perhari Pada Remaja Pria Di Sma Negeri 1 Bungku Selatan Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali Di Sulawesi Tengah Tahun 2013,”Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS Makassar. 2013.

Haniva, I. “Model Matematika Jumlah Perokok dengan Nonlinear Incidence Rate dan Penerapan Denda.” Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. 2015.

Jami, Fitri Yessi.,M. Subhan, danR. Sriningsih. “Model Matematika Pencegahan Pertambahan Jumlah Perokok dengan Penerapan Denda,”Universitas Negeri Padang. 2013.

Kreyszig, E. “Advanced Engineering Mathematics”. Edisi ke-10, halaman 1283. John Wiley & Sons. Inc, United States of America. 2011.

Munir, R. “Metode Numerik”. Edisi Revisi, halaman 419. Informatika, Bandung. 2007.

Perko, L. “Diftferential Equation and Dynamical Syistem,” Dapartement of mathematics Northem Arizona University Flagstaf, USA. 2001.

Radianti, Risya.“Simulasi Dan Analisa Kestabilan Model Matematika Mengenai Proses Transmisivirus Dengue di Dalam Tubuh Manusia,” Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati. 2012.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). “Penggunaan Tembakau”. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI. 2013.

Subiono. “Matematika Sistem”. Jurusan Matematika, FMIPA-ITS. Surabaya. 2010.

Zeb, A., Zaman, Bibi F., dan Momani, S. “Optimal Control Startegies In Square-Root Dynamics Of Smoking Model,”Department of Mathematics, COMSATS Institute of Information Technology Abbottabad, Pakistan.2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id