DESAIN DAN UJI KINERJA CONTACTLESS DIGITAL TACHOMETER DILENGKAPI FITUR KELUARAN TEGANGAN ANALOG

Putut Son Maria, Ahmad Rendy

Abstract


Tachometer adalah instrumen yang memiliki fungsi untuk mengukur kecepatan rotasi sebuah obyek. Produk tachometer komersil sebagian besar hanya memiliki satu fitur saja yaitu menampilkan hasil pengukuran pada panel display. Hal ini menjadi masalah jika diterapkan pada sistem monitoring kontinyu dan pada sistem umpan balik. Sinyal atau informasi dari piranti ukur biasanya dinyatakan dalam bentuk besaran listrik jika ingin dijadikan sebagai sinyal umpan balik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun tachometer dan mengukur kinerja sebuah tachometer yang memiliki fitur display dan output data analog. Komponen sensorik yang digunakan adalah photodioda untuk mendeteksi reflective-obstacle, dan metode perhitungan putaran obstacle menggunakan algoritma event-driven interrupt. Pengolah sinyal pada penelitian ini menggunakan arduino uno. Informasi rpm dari tachometer ditampilkan pada LCD dan dalam bentuk tegangan analog melalui rangkaian digital to analog(DAC) dengan konstruksi R-2R ladder beresolusi 8 bit. Data hasil pengujian menunjukkan akurasi tachometer pada penelitian ini mencapai 98.6 % dan tachometer mampu mengukur secara baik pada jarak maksimal 9 cm dari obyek.

Full Text:

PDF

References


Hanapi Ali, Nazrul Effendy, Rachmawan Budiarto. Rancang Bangun Sistem Pengukuran Putaran Sudu Turbin Dan Perekam Data Berbasis Mikrokontroler Avr Atmega16 Pada Turbin Angin Di Pantai Baru, Ngentak, Bantul. Seminar Nasional Applied Science And Technology Innovation 2012 (Astechnova 2012) ISSN: 2086-0005; Yogyakarta, 22 November 2012.

M.Herdi, A. Sofwan. Sistem Pengolahan Signal Sebagai Pengukuran Kecepatan Motor Menggunakan Wireless. Proceedings Komputer dan Sistem Intelijen(KOMMIT2004) ISSN : 1411-6286; 25 Agustus 2004.

Nitin Singh, Raghuvir S. Toma. Design of a Low-Cost Contact-Less Digital Tachometer with Added Wireless Feature. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE)

ISSN: 2278-3075, Volume-3, Issue-7, December 2013.

Md. Masud Rana, Md. Sahabuddin, Shourov Mondol. Design and Implementation of a Digital Tachometer. International Journal of Scientific Engineering and Technology ISSN : 2277-1581, Volume No.5 Issue No.1, pp: 85-88 01 Januari 2016.

Ahmad Rendy. Rancang Bangun Dan Analisis Kinerja Portable Digital Contactless Tachometer Berbasis Arduino Mega. Skripsi Teknik Elektro UIN SUSKA RIAU; 21 Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id