RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGAFIS PEMETAAN RUANG UJIAN MENGGUNAKAN BOOTSTRAP DAN LEAFLET.JS (STUDI KASUS: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUSKA RIAU)

Muhammad Ibnu Wardana, Muhammad Jazman

Abstract


Fakultas Sains dan Teknologi adalah instansi pendidikan yang berada di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Setiap tahunnya Fakultas Sains dan Teknologi menjadi salah satu tempat pelaksanaan ujian bagi calon mahasiswa jalur SBMPTN, UMPTKIN dan Mandiri maupun tes kepolisian. Ruangan-ruangan yang digunakan untuk ujian bagi calon mahasiswa maupun tes kepolisian adalah ruang belajar dan laboratorium yang letaknya tersebar di beberapa gedung yang ada di faste. Dalam proses pencarian ruangan, dibantu oleh petunjuk informasi nama ruangan tetapi terdapat kendala yaitu tidak dijelaskan letak ruangan dengan detail sehingga peserta ujian harus bertanya kepada mahasiswa lokal dan mencari satu per satu ruangan disetiap gedung secara manual. Kendala ini sangat memberatkan bagi peserta ujian masuk PTN karena mengharuskan mereka mencari ruangan secara manual yang membutuhkan waktu dan tenaga berlebih. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun SIG pemetaan ruangan menggunakan aplikasi QGIS untuk mendigitasi peta dan menghasilkan file geoJSON serta framework bootstrap dan leaflet javascript untuk menampilkan peta beserta design SIG. Manfaat yang diharapka adalah SIG ini dapat memberikan informasi mengenai denah ruangan sehingga peserta ujian dapat dengan mudah mengetahui ruangan tempat berlangsungya ujian.


Full Text:

PDF

References


. Dewi, Optimalisasi WebGis dengan Metode Tiling. SEMANTIK. 2015.

. Leaflet.js. http://leafletjs.com Diakses ( 7 April 2017).

. Sasongko. Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Jalan Dan Bangunan.

JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA. 2016; 4.(1).

. Wikipedia Twitter Bootstrap. https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter_Bootstrap Diakses (7 April 2017).

. Elias Ioup John T. Sample., Tile-Based Geospatial Information Systems, Principles and Practices.

Springer Science+Business Media, LLC, Boston, MA, online-ausg. Edition. 2010

. E. Prahasta. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar. Bandung: Informatika, 2009.

. Tanjaya, Rostianingsih dan Handojo, Pemetaan Surabaya Heritage dengan Geographic Information System. JURNAL INFRA. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id