PENERAPAN METODE ARIMA UNTUK PERAMALAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU

Syarfi Aziz, Ahmad Sayuti, Mustakim Mustakim

Abstract


Setiap Tahun Jumlah Mahasiswa UIN Suska Riau mengalami peningkatan, hal tersebut juga mempengaruhi jumlah pengunjung pada Perpustakaan Universitas. Bertambahnya jumlah pengunjung perpustakaan tersebut harus dapat diimbangi dengan pengembangan sarana dan prasarana yang memadai. Oleh karena itu, perlu dilakukan peramalan guna mendukung proses perencanaan dan pengembangan Perpustakaan. Penelitian ini membahas tentang trend perkembangan jumlah pengunjung Perpustakaan UIN Suska Riau dimasa mendatang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pengunjung Perpustakaan pada januari 2016 sampai agustus 2016. Analisa data menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Metode ARIMA terdiri dari identifikasi model, menentukan estimasi parameter, menentuan model terbaik dengan uji statistik dan  prediksi untuk data pada waktu yang akan datang. Tools yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews. Hasil analisis pada penelitian adalah penggunaan model ARIMA untuk data pengunjung Perpustakaan UIN SUSKA Riau yaitu model ARIMA (0,1,1) dan didapatkan hasil peramalan hingga hari ke 190 yaitu Jurusan Teknik Informatika 10 Mahasiswa, Teknik Industri 1 Mahasiswa, Sistem Informasi 3 Mahasiswa, Matematika Terapan 3 Mahasiswa, Teknik Elektro 2 Mahasiswa dan total perhari 24 Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Akademik UIN SUSKA, Panduan Perpustakaan UIN SUSKA Riau, Pekanbaru: Perpustakaan UIN SUSKA Riau, 2014.

Ariefianto, M. D, Ekonometrika. Jakarta: Erlangga, 2012.

Chairunnisa, “Analisa Prediksi Jumalah Penjualan Tiket Menggunakan Metode Auto Regressive Integrateg Moving Average (ARIMA) Pada PT Charisma Rasa Sayang Holidays Medan,” Pelita Informatika Budidarma, 18-23 2015.

Desvina, Ari Pani “Penerapan Metode Box Jenkins Untuk Memprediksi Jumlah Mahasiswa Universitas Islam Negeri SUSKA Riau,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 80-89 2014.

Hendrianto, Dani Eko, “ Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” Indonesia Journal on Networking and Security, Vol.3, No.4, 2014.

Meliala, Melly Sari Br, “Sistem Aplikasi Forecasting penjualan elektronik pada Toko elektronik nasional kabanjahe dengan metode Auto regressive integrated moving average,” pelita informatika budidarma, 168-172 2014.

Mustakim, “Pemetaan digital dan pengelompokan lahan hijau di wilayah provinsi riau berdasarkan knowledge discovery database dengan K-Means Mining,” Seminar Nasional Teknologi Informasi,Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 1-10 2016.

Mustakim dan Giantika Oktaviani F, “ALgoritma K-Nearest Neighbor Clasification sebagai sistem prediksi predikat mahasiswa. Jurnal sains, teknologi dan industri, 195-202 2016.

Octavia Dkk, “Peramalan stok barang untuk membantu pengambilan keputusan pembelian barang pada toko XYZ dengan menggunakan ARIMA,” Seminar Nasional Informatika 2013 (SNIf 2013), 252-257 2013.

Prayitno, Dkk, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Evaluasi Tingkat Kenyamanan Mobil,” Conference on Technology, Information System and Eingineering,” 94-96 Agustus 2016.

Ramadhani, Rima Dias, “Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Universitas Dian Nuswantoro,” 1-9 2013.

Riyadi, Dkk, “ Data Mining Peramalan Konsumsi Listrik dengan Pendekatan Cluster Time Series Sebagai Preprocessing,” Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 5, No.1, 2016.

Shrivastav, Anand Kumar dan Ekata, Applicability of Box Jenkins ARIMA Model in Crime Forecasting: A case study of counterfeiting in Gujarat State. International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology, 494-497 2014.

Siswanto, H, Pengantar Manajeme,. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Wirdasari, Dian dan Ahmad Calam, “Penerapan Data Mining Untuk Mengolah Data Penempatan Buku di Perpustakaan SMK TI PAB 7 Lubuk Pakam dengan Metode Associaton Rule,” Jurnal SAINTIKOM Vol. 10, No.2 Mei 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id