PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN ADDIE MODEL

Robertus Laipaka, Utin Kasma

Abstract


E-Learning merupakan sebuah sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dalam proses belajar mengajar. Penerapan Teknologi Informasi dalam proses pembelajaran E-Learning dapat mendukung dalam proses transformasi pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknologi informasi pembelajaran e-learning dengan menggunakan metode ADDIE Model. Metode ini terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Metode ADDIE Model memiliki proses yang sistematis untuk menghasilkan materi pembelajaran yang efektif untuk disajikan menggunakan teknologi informasi berbasis web. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis terhadap kebutuhan sistem pembelajaran yang terdiri dari informasi umum perkuliahan, materi perkuliahan, administrasi perkuliahan, link yang terkait pada sumber pembelajaran, forum diskusi, sarana pemberian tugas, sarana upload/download file, sarana pengumuman perkuliahan, sarana laporan aktivitas perkuliahan, sarana penilaian, dan sarana penampilan nilai. Hasil penerapan teknologi informasi pembelajaran e-learning dengan ADDIE Model antara lain dapat memperkaya pedagogi pengajar dalam kegiatan pembelajaran serta dapat mengatasi kendala interaksi dalam kegiatan proses belajar mengajar. Dalam pendistribusian materi pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan proses belajar mengajar juga tidak terkendala dengan permasalahan waktu dan tempat selagi terdapat konektifitas jaringan internet yang baik, dapat berinteraksi dengan menggunakan fasilitas chating, dapat memanfaatkan fasilitas audio confrence pada saat berinteraksi dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa feedback terhadap penerapan teknologi informasi pembelajaran e-learning dengan ADDIE Model mengenai materi yang dilaksanakan secara online ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil kompetensi yaitu 74,05% mahasiswa dapat dikatakan berhasil dengan baik dari standard minimal yaitu 55% terhadap pemahaman materi perkuliahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id