ANALISIS KEANDALAN INSTRUMENTASI PADA UNIT CENTRAL MECHANICAL ELECTRICAL MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS PT. TELKOM AREA NETWORK RIAU DARATAN PEKANBARU)

Ahmad Faizal, Samsul Arifin

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi membuat seluruh perangkat Instrumentasi yang mendukung system harus selalu dalam keadaan yang handal. Keandalanmerupakan peluang (probability) dari suatu system untuk dapat melaksanakan fungsi yang telah ditetapkan, pada kondisi pengoperasian dan lingkungan tertentu untuk periode waktu yang telah ditentukan. (Priyanta,2000). Maka dari itu untuk menjaga kondisi perangkat agar selalu dalam keadaan yang handal perlu adanya system maintenance yang baik. Maintenance  merupakan kagiatan pemeliharaan perangkat dan system yang dilakukan secara berkala, Pada Unit Central Mechanical Electrical yang ada di PT.Telkom Area Network Riau Daratan Pekanbaru. Pada unit( CME )terdapat 4 Instrumentasi yang menjadi inti dari system kelistrikan yaitu Genset, Rectifier, Betere, dan Panel. Instrumentasi tersebut harus selalu terjaga keandalan nya serta perangkat selalu di tuntut harus dalam keadaan yang baik. Untuk menjaga perangkat agar selalu dalam keadaan yang baik maka digunakanlah Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), metode ini merupakan suatu bentuk analisa kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi mode-mode kegagalan dari suatu penyebab kegagalan, serta dampak kegagalan yang ditimbulkan oleh setiap komponen terhadap suatu system. Dengan metode ini maka system maintenance akan mampu dijalankan dengan lebih baik, data yang digunakan adalah data kerusakan pada tahun 2014-2015. Dari hasil analisa yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwasannya perangkat yang ada di PT.Telkom Area Network Riau Daratan Pekanbaru  bersifat handal dengan persentase nilai RPN tidak lebih dari 200.

Full Text:

PDF

References


Adi Iswanto, A.Jabbar, dkk. “aplikasi metoda taguchi analisys dan FMEA untuk perbaikan kualitas produksi di PT.XYZ”. Jurnal Teknik Industry.2013.

David Chritian Sianturi, P.Wisnubroto, dkk.”Analysis Metoda 5-S Dan Metode RCM Pada System Maintenance Guna Meningkatkan Keandalan Pada Mesin MINAMI”. Jurnal REKAVASI. 2014.

Dwi Priyanta., “keandalan dan Perawatan”, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. 2000.

http:// www.Telkom.co.id

Kristianto.”Standar Operational Procedure Perangkat PT.Telkom Area Network Riau Daratan Pekanbaru”. Penerbit Direktorat Perusahaan Bandung.2004.

Kristianto.”Standar Operational maintenance Perangkat PT.Telkom Area Network Riau Daratan Pekanbaru”. Penerbit Direktorat Perusahaan Bandung.2004.

Legisnal Hakim. “Perancangan Aplikasi RCM Dengan Analisa Kualitatif Pada Stasiun Pengolahan Biji Sawit”. Jurnal Aptek.2011.

M.Syahwansyah Effendi, Noor Rahman, dkk. “Pengaruh Rata-Rata Nilai Risk Priority Number Pada Failure Mode And Effect Analysis Terhadap Availability UNIT CAT OHT 773D”. Jurnal Poros Teknik. 2014.

M.Syahwansyah Effendi, M.Khafizd. “Perbedaan Risk Priority Number Dalam Mede And Effect Analysis System Alat Berat HEAVY DUTY TRUCK HD 785-7”. Jurnal spectrum industry.2015.

Nia Budi Puspitasari. “ Penggunaan FMEA Dalam Mengidentifikasi Resiko Kegagalan Proses Produksi Sarung Alat Tenun Mesin”. Jurnal Jati UNDIP.2014.

Randy Saputra.”Perangkat Catu Daya Pencari Phasa Unit STO Sidomulyo PT.Telkom Area Network Riau Daratan Pekanbaru”. Laporan Kerja Praktek.2009.

Samsul Arifin.”Maintenance Pada System Catu Daya Di PT.Telkom Area Network Riau Daratan Pekanbaru”. Laporan kerja praktek UIN Suska Riau.2015.

Weta Hary Wahyunugraha, dkk. “Analisis Keanalan Pada Boiler PLTU Dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis”. Jurnal Teknik Pomits.2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id