ANALISIS TINGKAT KEAMANAN PADA DINAS XYZ TERHADAP SERANGAN PENGGUNA WIFI

Bambang Sugiantoro

Abstract


Kantor dinas yang tersebar diseluruh indonesia telah banyak yang menggunakan teknologi wifi. Perlu dilakukan analisis keamanan untuk Maturity Model dengan skala 0-5 dan dilanjutkan dengan penetration test menggunakan metode ARP Spoofing dengan menggunakan tools yakni CommView for Wifi ver.6.3, Aircrack-ng 1.1 serta Cain and Abel ver.4.9.35. Dari hasil berhasil menangkap username dan password yang dikirim dari komputer client. Oleh karena itu jaringan wireless yang diterapkan di kantor dinas XYZ tergolong belum cukup aman dalam hal keamanan jaringan. Dan hasil dari analisis tersebut jaringan wireless termasuk golongan Repeatable but Intuitive, yakni masih menggunakan konsep basic pemasangan dan belum berfokus penuh dalam hal keamanan jaringan dimana nilai akhirnya adalah sebesar 1.678.


Full Text:

PDF

References


Danawiputra, Andhika. 2011. ”Audit Keamanan Jaringan Wireless Menggunakan Wireess Security Checklist ISO 27001 Studi Kasusu di BPKB DIKPORA Provinsi DIY”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nugroho, Agung. 2012. “Analisa Keamanan Jaringan Wireless Local Area Network Dengan Access Point TP-LINK WA500G”. Skripsi. Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Romadhon, Pearl Pratama. 2014. “Analisis Kinerja Jaringan Wireless LAN Menggunakan Metode QOS dan RMA Pada PT Pertamina EP Ubep Ramba (Persero)”. Skripsi. Universitas Bina Darma Palembang.

Indrarukmana, Faizal. 2014. “Optimasi Keamanan Jaringan Terhadap Serangan Botnet (Studi Kasus Serangan DNS Poisoning Pada DNS Server)”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Stiawan, Heri. 2015. “Audit Sistem Informasi Rumah Sakit Menggunakan Standar ISO 27001 (Studi Kasus di RSU PKU Muhammadiyah Bantul)”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id