ANALISIS PERFORMANSI PENGENDALI PADA KECEPATAN MOTOR INDUKSI TIGA FASA MENGGUNAKAN METODE HARRIOT DENGAN PENGENDALI HYBRID SMC DAN PID

Ahmad Faizal, Harman Harman

Abstract


Motor Induksi adalah motor yang banyak ditemui di industri karena memiliki perawatan yang relatif murah dan kekokohan pada mekaniknya namun pada motor Induksi memiliki kekurangan yaitu pengaturan kecepatan yang susah maka dibutuhkan suatu pengendali yang kokoh, salah satunya adalah pengendali SMC. Pengendali SMC adalah pengendali yang terkenal dengan kekokohannya dalam mengatasi gangguan, namun pengendali SMC memiliki kelemahan diantaranyachattering. Pada aplikasinya nilai chattering pada pengendali SMC mampu memicu terjadinya error steady state dan overshoot, salah satu pengendali yang mampu mengatasi error steady state dan overshoot adalah pengendali PID. Berdasarkan hasil simulasi dengan pengendali hybrid SMC dan PID pengaturan kecepatan motor Induksi 3 Fasa terbukti pengendali PID mampu mengatasi kelemahan SMC dengan nilai overshoot  pada beban minimal 0%, beban nominal 0,01% dan beban maksimal 0,01% tanpa error steady state, serta memiliki waktu transien lebih cepat  dan kokoh dengan nilai τ pada beban minimal 0,5727s, nominal 0,5725s dan maksimal 0,5735s.

Full Text:

PDF

References


Husnawan, Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Logika Fuzzy, Teknik Elektro, Universitas Indonesia, 2007.

M. Ali, “Pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol PID Dengan Software Matlab”, Jurnal Edukasi, Vol, hlm.1–8, 2004.

M.R. Utoro, J. Pramudijanto, Perancangan dan Inplementasi Kontroler Sliding Mode pada Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa, Vol.3, hal.86-89.2014.

P. Jakaubek, “Experimental Identification of Stabile Nonoscillatory Systems from Step-Responses by Selected Method”, Konference Studentske turci cinnosti, 2009.

R. Nofendra, “Perancangan Pengendali Modus Luncur untuk Motor Induksi”, Artikel Penelitian Dosen Muda,Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Andalas Padang, 2009.

R.Fauzy, D.C Happiyanto, I.A. Sulistijono, Pengembangan PI Kontroler Sebagai Kendali Respon Cepat pada Motor Induksi 3 Fasa Berbasis Indirect Field Oriented Control (IFOK),SimposiumNasional RAPI XIII, PoliteknikElektronikaNegeri Surabaya (PENS), 2014 FTUMS.

J. –J. E. Slotine andW. Li, Applied Nonlinear Control, United States of America: Prentice Hall,1991.

Y.S. Peristiaferi, R. Effendie, Pramudijanto.J,Pengaturan Kecepatan Motor 3 Fasa pada Mesin Sentrifugal Menggunakan Metode PID Fuzzy, Jurnal Teknik ITS, Vol.4, hal. 17-19.

Muntari, H. Nurhadi, DesainSistemKendali Rotary Pendulum Dengan Sliding-PID,JurnalTeknikPomits, Vol.2, No.2, hal.246- 249, 2013.

M. Kadafi, “Penerapan Simuling Untuk Simulasi, Modul, Universitas Marcu buana”, Jakarta, 2011.

M.F.A.Alhamdi, D. Pramudijanto,Perancangan dan Implementasi Kontroler Knowledge Based-PI pada Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3, Jurnal Teknik Pomits, Vol.3, No.1, hal. 140-145, 2014.

A.R. Firdaus, “Pengendali Modus Luncur/Sliding Mode Controller”, Program Studi Teknik Elektro Politeknik Batam, Batam, 2010

A. Rika, Teknik Kontrol Sliding Mode Untuk Autopilot Roket, Penelitian Bidang kendali, PusteKwagan. Lapan, 2014.

T. Kealy, A. Dwyer, Analitical ISE Calculation And Optimum Control System Design, Irish Signal and System Conference, University of Limerick, Ireland, 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id