RANCANG BANGUN TILE SERVER (STUDI KASUS: UIN SUSKA RIAU)

Anita Pauzia Hasibuan, Muhammad Jazman

Abstract


UIN Suska Riau merupakan salah satu universitas di Provinsi Riau yang sering dikunjungi oleh banyak kalangan. Tiap tahunnya UIN selalu menjadi lokasi ujian untuk calon mahasiswa baru yang akan memasuki jenjang perkuliahan. Seminar, event wisuda, penelitian dan lomba lainnya mengharuskan pihak yang berkepentingan harus datang ke UIN. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan informasi geografis tersebut. Salah satu wujud pengembangan teknologi SIG adalah WebGIS. Trend WebGIS saat ini adalah Google Maps API V3, dimana informasi dan peta UIN bisa dilihat langsung. Namun kelemahannya adalah peta UIN yang ada di Google Maps masih kurang detail, ada kesalahan penempatan titik lokasi dan penamaan gedung fakultas. Google Maps memberikan peluang untuk meng-overlay tile (ubin) yang ada di Google Maps dengan tile (ubin) baru yang kita buat. Tile dirancang dengan software QGIS untuk proses digitasi peta, Mapserver sebagai server, Google Maps sebagai client dan mengikuti aturan standar baku dari Slippy MapTilenames. Manfaat tile server ini diharapkan bisa membantu masyarakat dan pihak yang berkepentingan memperoleh informasi lokasi UIN lebih jelas dan detail. Hasil dari penelitian ini adalah adanya tile (ubin) baru yang digunakan untuk meng-overlay tile Google Maps.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Auriza Rahmad. “Peningkatan Kinerja Server Aplikasi Web Gis Berbasis Postgresql Dan Mapserver”. Tugas Akhir. Institut Pertanan Bogor. 2011

Astrini, Retno. “Pelatihan Dasar QGIS Tingkat Dasar Untuk Pemetaan Evakuasi Tsunami ”. Bappeda. Provinsi NTB. 2012

Budiyanto, Eko. “Sistem Informasi Geografis dengan Quantum GIS”. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2016.

Dewi, Esthi Kurnia. “Optimalisasi Web GIS dengan Metode Tiling”. Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, LAPAN. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan.

Ichtiara, Cita. “Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Geografis (GIS) Universitas Indonesia Berbasis Web Dengan Menggunakan Maps API”. Tugas Akhir. UI. 2010.

Mahdia, Faya Dan Noviyanto, Fiftin. “Pemanfaatan Google Maps API Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web” (Studi Kasus : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta ). Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Volume 1 Nomor 1, Juni 2013. E-ISSN: 2338-519.

Maita, Idria. “Konsep Sistem informasi Geografis”. Yayasan Pusaka Riau, Pekanbaru. 2011.

Mulyanto, Agus. “Sistem Informasi. Konsep dan Aplikasi”. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 2009.

Oktafiandi. “Sistem Informasi Pemetaan Gedung Tiga Dimensi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau”. Tugas Akhir. Pekanbaru. Fakultas Teknik. UIN Suska Riau. 2015

Prahasta, Eddy. “Membangun Aplikasi Web GIS dengan MapServer”. Informatika. Bandung: 2006

Prahasta, Eddy. “Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geometika)". Penerbit Informatika, Bandung. 2009

Safrel, Ispen. “Pembaruan Peta dan SIG Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang”. Tugas Akhir. Semarang. 2015

Sari, Maya Dewi. “Perancangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Menggunakan Mapserver”.Tugas Akhir Universitas Sumatera Utara.2009.

Sarie, Lesmana. “Deteksi Banyak Bangunan Rumah Melalui Citra Satelit Google Earth Berbasis Pengolahan Citra Digital”. Jurnal Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom.

Swastikayana, I Wayan Eka . “Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Pariwisata Kabupaten Gianyar. (Studi Kasus Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar)”. Tugas Akhir. Yogyakarta. 2011.

Tjahjono, Heri. “Overlay Sebagai Model Pembelajaran Dalam Mata Kuliah SIG Guna Menemukan Informasi Geospasial Baru”. Jurusan Geograf, FIS Unnes.

Utama, Muhammad Rizki. “Pembangunan Peta Kampus 3D Universitas Komputer Indonesia Berbasis WebGL”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Universitas Komputer Indonesia Jl. Dipatiukur 112-114 Bandung. ISSN: 2089-9033. 2014

Utomo, Suprasetyo. “Pemanfaatan MapServer Dalam Aplikasi Sistem Informasi Geografis Kota Bogor Di Bidang Wisata dan Kuliner”. Jurnal jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma. Jln. Margonda Raya, No. 100 Pondok Cina, Depok 16424, Indonesia.

Wahyudi, Hamdan. “Pembuatan WebGIS (Geography Information System) Kantor Penanaman Modal Kabupaten Wonogiri”. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. Vol 2 No 1-Maret. ISSN: 2302-1136. 2013.

Yuhana, Umi Laili. “Pemanfaatan Google Maps Untuk Pemetaan dan Pencarian Data Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia”. Alumni Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sisfo-Jurnal Sistem Informasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: sntiki@uin-suska.ac.id