INTEGRASI KEILMUAN SAINS DAN ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN RUMPUN IPA

Zarima Zain, Rian Vebrianto

Abstract


Pendidikan Islam di Indonesia masih bersifat dikotomi, dimana materi pelajaran umum dipisahkan dengan materi keagamaan. Kondisi ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang berfungsi sebagai ‘khalifah’. Sifat dikotomi dapat dihilangkan dengan cara mengintegrasikan ilmu sains dengan islam. Persoalan yang muncul sekarang adalah bagaimana melakukan integrasi antara ilmu sains dan islam melalui proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan integrasi seperti apa yang dapat dilakukan? Pengintegrasian antara ilmu sains dan teknologi dengan islam ternyata sudah di terapkan di berbagai sekolah berbasis islam di Indonesia. Tujuan penelkitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang rancangan, langkah-langkah, serta implementasi yang dilakukan guru dalam menintegrasikan mata pelajaran rumpun IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi) dan Islam. Metode Penelitian yang dikembangkan adalah kualitatif dengan tehnik pengumpulan data dari berbagai sumber baik buku maupun, jurnal, artikel ilmiah ataupun literatur review. Hasil penelitian ini adalah berupa rancangan, langkah-langkah dan implementasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran rumpun IPA dalam proses pembelajran terintegrasi dengan islam.

Full Text:

PDF

References


Anda Juanda. Integrasi Ilmu Alam (Sains) Dan Agama Berbasis Kurikulum Grass Roots Di Perguruan Tinggi Islam. Scientiae Educatia. 2014; 3(1): 79-88

Jamal Fakhri. Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Ta’dib. 2010; 15(1): 121-142

Murtono.Pendidikan Sains dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidkan Agama Islam. 2005;2(2):163-176

Nan Rahmawati, lisya P.Indrasari. Integrasi Proses Pembelajaran Rumpun Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Keagamaan Di Sma It Al-Multazam Kuningan (Studi Kasus Kelas XI IPA). Prosiding SNaPP2014Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Bandung. 2014: 491-498.

Sunhaji. Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam Dengan Sains.Insania. 2014; 19(2): 334-358

Usman. Reintegrasi Sains Dan Islam Bagi Praktisi Pendidikan. Ta’dib. 2010;13(1): 27-36


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id