PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN: STUDI LITERATUR

Nia Desliana Sari, Rian Vebrianto

Abstract


Dunia pendidikan sekarang telah berkembang pesat, hal ini terlihat jelas dengan cepatnya perkembangan IPTEK. Dengan di dukung oleh teknologi, dunia pendidikan di harapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di era globalisasi. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media berbasis keislaman yang menunjang kemampuan IPTEK dan karakter religius siswa. Penelitian ini berisi kajian literatur rancangan multimedia interaktif terintegrasi nilai-nilai islam pada materi koloid dan mengungkapkan kelayakannya. Perancangan terdiri dari 3 tahap, antara lain: perencanaan, design, dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi identifikasi ruang lingkup materi, pengumpulan sumber, diskusi ide awal, dan penetapan rencana tampilan. Tahap desain meliputi analisis instruksional serta pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap pengembangan meliputi penyiapan teks, grafik, audio, video, penggabungan bagian, pembuatan materi pendukung, revisi, serta validasi program. Hasil yang diperoleh berupa produk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar serta dapat mengembangkan karakter religius siswa sesuai dengan kompetensi inti dalam K-13.

Full Text:

PDF

References


Arfiyah, Afifatul, Sri Mulyani, Sulistyo Saputro. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Dengan Kompendium Al-Qur’an Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) MAN 2 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2016: Vol. 5 No. 1. ISSN 2337-9995: Hal 96-104.

Bardi, B, & Jailani, J. Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2015: 2(1): Hal 49-63.

Ditama, Viandhika, Sulistyo Saputro dan Agung Nugroho Catur S. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: Vol. 4 No. 2. ISSN 2337-9995: Hal 23-31.

Kemdikbud. Permendikbud No. 104 Tahun 2014. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: 2014.

Nazalin, Ali Muhtadi. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan .2016: Vol 3, No 2. p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177. Hal 221-236.

Nelly Efrina, Fuad Abd. Rachman, Aisyah, AR. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Kimia Untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 2, No. 1. Hal. 65 – 78.

Puji, Kiki Marisa, Fakhili Gulö & A. Rachman Ibrahim. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA. J.Pen.Pend.Kim. 2014: Vol 1. No. 1. Hal. 59—65.

Sari, Ira Novita., Sulistyo Saputro, Ashadi. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA dan MA. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2013: Vol. 2 No. 3. ISSN 2337-9995. Hal. I52-157.

Surachman, Mardhika., Muntari, Lalu Rudyat Telly Savalas. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. J. Pijar MIPA. Vol. 9. No.2. ISSN 1907-1744. Hal. 62 – 67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: sntiki@uin-suska.ac.id