POLA ADOPSI CRM OLEH PELAKU ONLINE SHOP BERBASIS MEDIA SOSIAL

Yanuar Satrhio Insanaputra

Abstract


Untuk dapat memenangkan persaingan disektor perekonomian berbasis teknologi, para pelaku online shop yang notabenenya UKM ini harus mengetahui langkah tepat yang harus dilakukan oleh pelaku online shop, untuk mencapai kriteria kesuksesan dalam berbisnis online khususnya yang berbasis media sosial. Banyak para pelaku online shop yang baru merintis belum mengetahui langkah-langkah terbaik yang harus mereka lakukan untuk mencapai kriteria online shop sukses tersebut. Ada beberapa penilaian berdasarkan kesuksesan online shop, yaitu memiliki pelanggan tetap, mudah mendapatkan pelanggan baru dan stastistik omset meninggkat. CRM adalah strategy yang tepat untuk digunakan oleh pelaku online shop. Strategy ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar dan berkembang tujuannya untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan. Penelitian ini juga akan memperlihatkan bagaimana media sosial dan CRM memberikan kontribusinya kepada pelaku sosial CRM tersebut. Oleh karena itu sangat diperlukan pengadopsian strategy CRM (sosial CRM) pada pelaku online shop yang berbasis media sosial tujuannya untuk membantu pelaku online shop menuju kearah kriteria online shop yang sukses, Hasil penelitian ini memperlihatkan bagimana langkah yang tepat serta rekomendasi terbaik untuk pelaku online shop menjadi lebih baik dan tentunya menuju kearah kriteria sukses tersebut.

Full Text:

PDF

References


Carolyn H.B & Gautam Parasnis. “From media sosial to social customer relationship management”. Strategy and Leadership. IBM Institute for Bussines Value, 2012.

Edward C.M & Michael Haenlein & Bernd Skiera & Egbert Wege & Michael Zang. “Managing Customer Relationship in the Social Media Era : Introducing the Social CRM House” Grembergen, W. & Bruggen, R., “Measuring and improving corporate information technology through the balanced scorecard technique”. Northwestern University, USA. ESCP Europe, Paris. Goethe-University, Frankfrut/Main, Germany. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong, 2013.

Kevin J. Trainor & James (Mick) Andzulis & Adam Rapp & Raj Agnihotri. “Social Media Technology usage and customer relationship performance : A Capabilities –based examination of Social CRM”. The W.A Franke College of Business, Northern Arizona. Department of Management and Marketing, University Alabama. The Schey Sales Center, Ohio University, 2013.

Shin-Yuan Hung, Wei-His Hung, Chia-An Tsai, Shu-Chen Jiang. “Critical Factors of Hospital Adoption on CRM System: Organizational and Information system perspective”. National Chung Cheng University. Taiwan, 2009.

Jan U. Becker, Goetz Greve, Sonke Albers. “The Impact of Technological and Organizational Implementation of CRM on Customer acquisition, Maintenance, and Retention”. University of California. Hamburg School of Business Administration, 2008.

James E Richard and Peter C. Thirkell. “The Strategic Value of CRM: a Technology adoption perspective”. School of Information Management, Victoria University of Wellington, New Zealand, 2007.

Thierry Perroud & Reto Inversini. “Enterprise Architecture Patterns”. Springer-Verlag Berlin Heideberg, 2013.

Parker, M. M., Benson, R. J & Trainor, H. E. “Information Economics. linking business performance to information technology”. New Jersey, The United States of America: Prentice Hall,1998.

Ahmad Jakfar. “Traditional CRM vs Sosial CRM: Mengapa Harus Social CRM”. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2011.

Muslichah Erma Widiana. “Penggunaan Teknologi Internet dalam sistem penjualan online untuk meningkatkan kepuasan dan pembelian berulang produk batik pada usaha kecil dan menengah di Jawa Timur”. Fakultas Ekonomi, Universitas Bhayangkara, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id