SISTEM PAKAR PEMILIHAN OBAT TRADISIONAL DARI TANAMAN METODE DEMPSTER-SHAFER

Harison Harison, Bela Pisita Sari

Abstract


Masyarakat Pasaman barat masih mempercayai cara pengobatan turun menurun dari leluhur, mereka tidak hanya mengandalkan pengobatan medis saja dalam mengobati kesehatan mereka, mendatangi tabit atau dukun sangat banyak dijumpai di daerah ini, karena memberikan kesembuhan bagi mereka yang berobat. Tidak banyak orang yang mempunyai keahlian seperti ini, maka perlu dilestarikan atau didokumentasikan dan dalam komputer dijadikan suatu sistem pakar yang nantinya bisa membantu generasi selanjutnya dalam pengobatan. Penelitian sistem pakar pemilihan obat tradisional dari tanaman ini mempunyai tujuan untuk melestarikan kepakaran seseorang tabit di daerah pasaman barat yang terkenal diwilayah tersebut dengan metode pengobatan dengan menggunakan tanaman di sekitar perkarangan rumah atau tanaman yang mudah dijumpai. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem pakar ini Dempster shafer yang berfungsi untuk mennetukan pembobotan untuk setiap gejala dan selanjutnya dilakukan penelusuran Depth Firsth Search atau pencarian yang dimulai dari simpul awal dan hingga ke yang lebih dalam, namum setiap simpul memberikan jawaban jika pencarian diakhiri. Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan keluaran berupa obat tradisional berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan oleh pengguna. Sistem ini menampilkan besarnya angka kepercayaan gejala terhadap kemungkinan obat tradisional yang dibutuhkan oleh pengguna, besarnya nilai kepercayaan yaitu merupakan hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode Dempster shafer, hasil pengujian dilakukan dengan mengacu pada rule rule ditetapkan oleh pakar dan dilakukan konsultasi dengan sistem dengan semua rule rule dan mendapatkan hasil sesuai dengan aturan dari pakar.

Full Text:

PDF

References


Fathansyah. 2012. Basis Data. Pasar Buku Palasari : penerbit Informatika, Bandung.

Hariana, Arief. 2015. Tumbuhan Obat dan khasiatnya. Jakarta : Penebar Swadaya

Komputer, wahana. 2009. PHP programming. Yogyakarta : Andi Offset.

Kusrini, 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta : Andi.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificia Intelligenc. Yogyakarta : Graha Ilmu.Mistanti, Anis “Sistem pakar untuk memprediksi penyakit pada tanaman cabai menggunkan metode dempster-shafer”, Jurnal : STMIK Budi Darma Medan : 2014.

Merlina, Nita dan Hidayat, Rahmat. 2012. Perancangan Sistem Pakar. Bogor : Ghalia Indonesia

Sulistyohati, Aprilia dan Hidayat, Taufiq “Aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit ginjal dengan menggunakan metode dempster shafer”, Jurnal : Universitas Islam Indonesia : 2008.

Sutojo, Edy Mulyanto dan Suhartono, Vincent. 2012. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta : Andi Offset.

Yanto, Pahrul. Dkk. “Sistem pakar pemilihan Persalinan Pervaginam dan Perabdominal”, Jurnal : Universitas Putra Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id