PEMAKAIAN STEAM PADA PROSES PEMURNIAN MINYAK KELAPA SAWIT

Wetri Febrina, Susanti Susanti, M. Arif

Abstract


Pada proses pemurnian minyak kelapa sawit, pemakaian steam sangat erat hubungannya dengan kehilangan minyak (oil losses). Disatu sisi perusahaan ingin menghemat konsumsi steam untuk meminimalkan biaya produksi, disisi lain oil losses yang besar juga harus dihindari untuk meningkatkan perolehan minyak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemakaian dan tekanan steam pada proses pemurnian kelapa sawit dengan menggunakan metode Design of Experiment. Penelitian ini dilakukan dengan empat variasi tekanan (3.5, 3.0, 2.5, 2.0 bar) dan lima variasi pemakaian steam (65, 60, 55, 50, 45 ton) dengan persentase oil losses sebagai respons. Dari hasil penelitian, tekanan steam berpengaruh signifkan terhadap kenaikan oil losses, sementara pengaruh konsumsi steam bisa diabaikan. Oil losses terbesar 20.10% didapatkan untuk tekanan 2.0 bar dan pemakaian steam 45 ton dan oil losses terkecil sebesar 17.80 didapatkan untuk tekanan 3.5 ba.r dan pemakaian steam 65 ton. Kondisi steam yang optimal adalah tekanan 2.5 bar dan pemakaian steam 45 ton.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M.Andika. Optimasi Ekstraksi Spent Bleaching Earth dalam Recovery Minyak Sawit. , Jakarta : Universitas Indonesia; 2012.

Aisyah, S., Yulianti, E., & Fasya, A. G. Penurunan Angka Peroksida dan Asam Lemak Bebas (FFA) pada Proses Bleaching Minyak Goreng Bekas oleh Karbon Aktif Polong Buah Kelor (Moringa Oliefera. Lamk) dengan Aktivasi NaCl. ALCHEMY: Journal of Chemistry.2012

Febrina W, Mesra T, Marbun NJ. Efisiensi Pemakaian Material pada Proses Bleaching Crude Palm Oil. Seminar Nasional Teknik Industri. Bukit Tinggi. 2014; III-44.

Heryani, Rani Oni. Optimasi Produksi Crude Palm Oil (CPO) dan Inti Sawit (Kernel) pada PT. Perkebunan Nusantara VII (PERSERO) Unit Usaha Rejosari Natar Lampung Selatan. 2015.

Marbun, Novri Jenita. Efisiensi Pemakaian Material pada Proses Bleaching Minyak Kelapa Sawit. Dumai : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai; 2014.

Suwanda. Desain Eksperimen Untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta. 2011

Wulandari, Onny Vitadini. Pemanfaatan minyak sawit untuk produksi emulsi kaya beta karoten sebagai suplemen vitamin A. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id