SISTEM PENJADWALAN OTOMATIS TEMPAT CERAMAH MUBALIGH PADA BULAN RAMADHAN

Nardialis Nardialis, Inggih Permana, Febi Nur Salisah

Abstract


Penjadwalan tempat ceramah bulan Ramadhan untuk mubaligh/ghah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi. Selama ini, penyusunan jadwal memerlukan waktu 1,5 bulan dan sering terjadi kesalahan. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya jumlah masjid (36 buah), musala (106 buah) dan mubaligh/ghah (135 orang) serta harus memperhatikan enam kriteria mubaligh/ghah, yaitu: usia; tingkat kedisiplinan; jenis kelamin; kemampuan; tempat tinggal; dan mubaligh/ghah tidak boleh mendapatkan tempat ceramah yang sama. Penelitian ini membuat sistem informasi penjadwalan tempat ceramah bulan ramadhan yang bisa menyusun jadwal secara otomatis menggunakan pendekatan priority scheduling dengan penerapan constraint satisfaction problem dan most constraint variable untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, semua fitur sistem berjalan 100%. Rata-rata waktu pembuatan jadwal hanya 120,62 detik, akan tetapi akurasi jadwal hanya 53,87%. Rendahnya akurasi terjadi bukan disebabkan oleh jadwal bentrok tetapi karena mubaligh tua dan mubalighah sering ditempatkan di masjid atau musala yang jauh dari tempat tinggalnya.


Full Text:

PDF

References


Fitri A, Permana I, Marsal A. Penerapan Constraint Satisfaction Problem pada metode Priority Scheduling untuk Penjadwalan Khutbah Jum’at para Mubaligh. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri (SiTekIn). 2016; 13(2): 190-194.

Nuraisyah, Permana I, Salisah FN. Sistem Penjadwalan Otomatis Tempat Khutbah Jum’at Mubaligh. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. 2017; 3(1): 59-64

Aryawarman QS, Setiawan R. Sistem Penjadwalan Iklan pada Radio Megantara FM Nganjuk dengan Algoritma Dynamic Priority Schedulling. Prosiding dari Seminar Nasional Sistem & Teknologi Informasi (SNASTI). 2007: 30-36.

Hodianto A. Rancang Bangun Penjadwalan dan Perwalian Berbasis Web di STIKOM Surabaya. Skripsi. Surabaya: S1 Jurusan Sistem Informasi STIKOM; 2011.

Gunawan CA, Toba H. Pembangkitan Solusi Penjadwalan Berprioritas Melalui Penerapan Constraint Satisfaction Problem (Studi Kasus: Laboratorium Fakultas Teknologi Informasi Universitas XXX). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JuTISI). 2016; 2(1): 43-52.

Buliali JL, Herumurti D, Wiriapradja G. Penjadwalan Matakuliah dengan Menggunakan Algoritma Genetika dan Metode Constraint Satisfaction. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi (JUTI). 2008; 7(1): 29-38.

Rochman A. Penjadwalan Kuliah Menggunakan Metode Constraints Programming Dan Simulated Annealing. Prosiding dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). 2012.

Juniarahmatunisa AD. Sistem Penjadwalan Penayangan Iklan dengan Algoritma Priority Scheduling di PT.Bandung Media Visual (I Channel TV). Skripsi. Bandung: SI Program Studi Teknik Informatika UNIKOM. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Sains dan Teknologi

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru Riau Indonesia

Website: http://fst.uin-suska.ac.id

Email: fst@uin-suska.ac.id