Rancang Bangun Antena Mikrostrip 900 MHz

Siska Novita Posma, M. Yanuar Hariyawan, Ardiyan Khabzli

Abstract


          Semakin berkembangnya perangkat seluler membuat banyaknya penggunaan spektrum frekuensi untuk komunikasi seluler. Salah satu frekuensi yang banyak digunakan adalah frekuensi 900 MHz untuk sistem GSM. Frekuensi 900 MHz yang ada di berbagai area dapat dipakai sebagai energi alternatif untuk supply daya rendah bagi perangkat mobile yang berada jauh dari sumber daya listrik. Pada paper ini dibahas tentang rancang bangun antena mikrostrip 900 MHz, yang nantinya akan digunakan sebagai rectenna (rectifier antenna) untuk menangkap frekuensi 900 MHz. Antena mikrostrip yang dibuat adalah antena mikrostrip rectangular patch  dan jenis substrat FR4 dengan dielektrik 4.5 dan h=1,6. Perancangan dan perhitungan parameter antenna secara numeric menggunakan software simulasi antena. Hasil perancangan direalisasikan dan diukur parameter-parameternya. Dari hasil pengukuran, antena ini bekerja efektif pada rentang frekuensi 850 MHz hingga 880 MHz, nilai rata-rata VSWR ≤ 3 dengan gain  ≤ 7 dB, dan mempunyai return loss lebih kecil dari -9.54 dB.

 

Kata Kunci : Antena Mikrostrip, Rectangular Patch, VSWR, Gain, Return Loss


Full Text:

PDF

References


Vera gianfranco andia, “Efficient Rectenna Design for Ambient Microwave Energy Recycling”, Thesis. Universitat Politecnica De Catalunya.2009

Indra Surjati. (2009). Antena Mikrostrip Bentuk Segi Empat. Jakarta: Fakultas Teknik Elektro, Universitas Trisakti.

Sri Hardiati.Aplikasi Substrat Alumina Pada Antena Mikrostrip Patch Persegi Untuk Komunikasi Bergerak Pada frekuensi(3.3-3.4 GHz). Bandung: Fakultas Teknik Elektro, Intitut Teknologi Telkom Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id