PERENCANAAN PENEMPATAN NODE B PADA JARINGAN WCDMA (WIDEBAND CODE DIVISION MULTIPLE ACCESS) DI KECAMATAN LIMAPULUH KOTA PEKANBARU

Renno Nikki Wijaya, Fitri Amillia, Liliana Liliana

Abstract


Industri komunikasi wireless telah memasuki fase generasi ketiga (3G). Kebutuhan masyarakat komunikasi nirkabel di Pekanbaru meningkat, terutama pada daerah perkotaan yang dikenal dengan pusat bisnis. Peningkatan Layanan teknologi berupa mms, video conference, video streaming dan koneksi internet dengan kecepatan tinggi sangat dibutuhkan. Kendala yang dihadapi belum semua wilayah ter-cover sinyal jaringan WCDMA, seperti Kecamatan Limapuluh. Oleh karena itu diperlukan penelitian ini. Pembahasan tentang perhitungan perencanaan jumlah node B berupa jumlah sinyal carrier dalam satu sel, jumlah total kanal trafik pelanggan per sel, kapasitas total bit informasi per sel, dan jumlah sel dan perhitungan radio link berupa perhitungan link budget dari arah downlink dan uplink, analisa penempatan node B menghasilkan area cakupan yang optimal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah jumlah node B sebanyak 2 dengan radius sel sebesar 1040 m2 dan di visualisasikan cakupan wilayah dalam bentuk heksagonal pada peta berskala 1 : 10.000 dengan jumlah sel sebanyak 2 sel.

 

Kata Kunci : Node B, Sel, WCDMA


Full Text:

PDF

References


Dodi, Fahmi, dkk, “Perencanaan Penempatan Base Station WCDMA di Denpasar”, Journal UII, SNATI, 2009.

Herlinawati, “Penentuan Cakupan dan Kapasitas Sel Jaringan Universal Mobile Telecommunication system (UMTS)”, PROSIDING, 2008, 20 :310-322.

Lukman, “Pendimensian Jaringan layanan UMTS di Surabaya”, 2007.

Indra, surjati dkk, “Analisis Perhitungan Link Budget Indoor Enetration Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) Dan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) Pada Area Pondok Indah”,2008.

SC03_13 ITU-R M.1308 , “Evolution of land mobile systems towards IMT-2000”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id