Analisis Data Statistik Parameter Trafik Performansi Sentral AT&T 5ESS (Studi Kasus : PT Telkom Riau Daratan)

Sutoyo Sutoyo, Zulka’i Zulka’i

Abstract


Suatu model diperlukanuntukdapatmenggambarkandarisebuah sistem, seperti dalam menggambarkan sifat data statistik sistem telekomunikasi misalnya performansi sentral. Model digunakan dalam menentukan ketersediaan nilai parameter performansi sentral seperti sentral telepon otomatis AT&T 5ESS.Nilai parameter performasi sentral AT&T 5ESSbersifat statistik dan berubah setiap waktu, diperlukan pemodelan untuk menentukan ketersediaan nilai parameter.Penelitian ini melakukan pemodelan terhadap data statistik parameterperformansi sentral AT&T 5ESS di PT Telkom Riau Daratan diantaranya Answer Seizure Ratio(ASR), Grade of Service (GOS),Mean Holding Time Per Seizure (MHTS) dan Occupancy Circuit (OCC) melalui pendekatan distribusi. Dari hasil pemodelan diperoleh bahwa parameter ASR berdistribusi normal dengan nilai ketersediaan sebesar 45,34 %, parameter GOS berdistribusi eksponensial dan rayleigh dengan nilai ketersediaan sebesar 0,53 %. Untuk parameter MHTS diperoleh data berdistribusi Gamma dan eksponensial dengan nilai ketersediaan sebesar 5,33, kemudian parameter OCC terdistribusi eksponensial dan gamma dengan nilai ketersedian sebesar 17.85%.
.
Kata kunci:AT&T 5ESS, ketersediaan, pemodelan data , parameter performansi sentral

Full Text:

PDF

References


Villy, B. Iversen, “Teletraffic Engineering and Network Planning”, Technical University of Denmark, 2009.

English,1,,D.,(2006) “Mathematical Modeling in Primeri School Educations Studies in Mathematics”, 63 (3), 303-323

Voskogluo (2006) the use of mathematical modelling as atool for learning mathematics,”Quarderni di recercain didattica”, n16, Universiti of Palermo, Italy.

Hutabarat, Nicodemus, FR, “Pemodelan Trafik Pada Sistem Komunikasi Satelit Orbcomm”, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 2009

Taruna, Brian, “analisis performansi pengguna sentral telepon otomatis (STO) pada multiple exchange area (MEA) pekanbaru”. Teknik Elektro, Universitas Islam Negeri Riau, Pekanbaru, 2012.

Villy, B. Iversen, “Teletraffic Engineering and Network Planning, Technical University of Denmark, 2009

jjMuharam, Harjun dan Panji, Muhammad. 2008,“Muhitraktalitas dan studi komparatif prediksi indeks dengan metode arima dan artificial neural network (ANN)”, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id