316 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBANGUNAN LABORATORIUM KOMPUTER SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Elin Haerani, Muhammad Mansur

Abstract


Pemberian bantuan menjadi polemik yang cukup serius di perdebatkan. Transparasi hasil merupakan masalah yang muncul apabila hasil diumumkan. Dinas pendidikan kabupaten Kepulauan Meranti dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di wilayah kabupaten Kepulauan Meranti memiliki beberapa program, salah satunya peningkatan sarana dan prasarana sekolah seperti bantuan pembangunan laboratorium komputer sekolah. Pembangunan laboratorium komputer ini diberikan kepada sekolah yang memiliki kriteria yang layak untuk dibantu, kriteria tersebut diantaranya; rombongan belajar, kondisi guru, kondisi fisik sekolah, kondisi kelistrikan dan letak geografis. Dinas Pendidikan masih menggunakan sistem yang manual, sehingga hasil yang didapat masih dinilai kurang transparasi perhitungannya, dan memerlukan waktu yang cukup lama dalam mengelola data sekolah tersebut. Hal ini menyebabkan perlunya sebuah sistem yang aplikatif untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam proses pengelolaan data sekolah. Sistem ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun dengan menggunakan metode simple additive weighting (SAW).. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan Database MYSQL. Dengan sistem ini dapat dikelola data sekolah serta melakukan perangkingan sekolah yang diperioritaskan untuk dibangun laboratorium komputer dan hasil perhitungan dapat diperlihatkan kepada calon penerima sebagai tindak dari transparasi hasil.
Kata kunci: laboratorium, komputer, sekolah, SPK, SAW.

Full Text:

PDF

References


Dadan Umar Daihani, “Komputerisasi Pengambilan Keputusan”, Elex Media Komputindo.Jakarta, 2001.

Djalal Nachrowi dan Hardius Usman, ”Teknik Pengambilan Keputusan”, Grasindo, Jakarta, 2004.

Kendall dan Kendall, “Analisis dan Perancangan Sistem”, Indeks, Jakarta, 2003.

Kristanto, Andri, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gaya Media,Yogyakarta, 2003.

Kusumadewi, dkk, ”Fuzzy Multi Atribut Decision Making (MADM)”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.

Suryadi, Kadarsah. “Sistem pendukung Keputusan”, Rosda karya. Bandung, 2000.

Ramadhani, Dian, “Tugas Akhir Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting Di Rumah Zakat Indonesia” UIN SUSKA Riau, Pekanbaru, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id