Analisa Nilai Maturitas Dan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Model COBIT Versi 4.1 (Studi Kasus BOB PT.Bumi Siak Pusako- Pertamina Hulu)

Novriyanto Novriyanto, Nuraisyah Idham

Abstract


Peranan teknologi informasi (TI) saat ini sangat penting dalam keunggulan bersaing. TI dapat menciptakan value bagi organisasi. BOB PT. Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu sejak awal berdiri sudah menerapkan teknologi informasi sebagai pendukung usahanya. Akan tetapi,berdasarkan pra penelitian, penerapan tersebut kurang terkelola dengan baik sebab beberapa teknologi informasi yang telah diterapkan menjadi tidak terpakai dan sia-sia karena sudah diterapkan kembali teknologi informasi yang baru. Untuk itu,perlu dilakukan suatu evaluasi terhadap pengelolaan TI agar tercipta pengelolaan TI yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik. Dengan adanya tata kelola TI maka dapat mencapai keefektifan dan keefisienan serta dapat mengurangi risiko-risiko yang tidak diinginkan selama penerapan dan implementasi teknologi. Dalam penelitian ini model yang digunakan adalah COBIT (Control Objectivefor Information and Related Technology) versi4.1. COBIT mempunyai tujuan untuk mengendalikan TI terkait dan merupakan suatu dalam tata kelolaTI. COBIT terdiri dari 34 prosesTI yang dikelompokan dalam 4 domain. Dari penelitian ini, didapatkan kondisi kematangan (maturitas) TI di BOB PT. Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu secara keseluruhan dengan rincian nilai, untuk domain PO adalah 2,69, untuk domain AI adalah 3,02, untuk domain DS adalah 3,03 dan domain ME adalah 2,795.Output dari penelitian ini berupa sebuah rekomendasi untuk IT governance untuk BOB PT. Bumi Siak Pusako, yang mana rekomendasi dibatasi terhadap domain yang memiliki nilai maturitas dibawah 3 pada setiap proses control objectivenya.
Kata kunci : COBIT, IT Governance, Nilai Maturitas.

Full Text:

PDF

References


Governence, IT. 2007. COBIT 4.1. Chicago : IT Governence Institute.

Weill,Pater &Jeanne W.Ross (2004), ITGovernance: How Top Performance Managed IT Decision RightForSuperior Result. Harvard School Press.

Pederiva A (2003), The COBIT Maturity ModelinaVendor Evaluation Case.Information Systems Control JournalVol 3.

Rosazi,Indri Sudanawati,“Model perhitungan tingkat kedewasaan TI (maturitylevel)menggunakan framework 4.21,“Seminar Nasional

IT Governance Institute. (2007), “COBIT 4.1 Framework Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models”, IT Governance Institute.Hamzah, Ardi, “Tatalaksana Teknologi Informasi Metode Cobit,”Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2006), hal.13-18, Juni 2006

ISACA (2013). COBIT 5 a business framework for a governance and management of enterprise IT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id