Perancangan Lintas Perakitan Pada Product Family Berdasarkan Common Subassembly

Fitra Lestari

Abstract


Fluktuasi permintaan mendorang perusahaan untuk merancang fasilitas produksi yang efektif dan efisien. Penelitian ini merancang fasilitas produksi berupa lintas perakitan yang disesuaikan dengan struktur product family. Pendekatan yang digunakan untuk mengkonfigurasi lintas perakitan product family ini adalah dengan memisahkan antara lintasan untuk merakit komponen varian dan lintasan-lintasan untuk merakit common subassemblies. Perancangan Lintas perakitan berdasarkan common subassembly bertujuan untuk mengelompokan operasi berdasarkan urutan proses yang sama serta saling berhubungan. Sebuah studi kasus yang terjadi pada lintasan perakitan yang memproduksi alat-alat elektronik di Indonesia. Konfigurasi lintas perakitan usulan menghasilkan tiga common subassemblies dan dua product variant. Jumlah operator dan bench pada lintas perakitan usulan bisa diminimasi menjadi 57 operator dan bench. Adanya pengurangan jumlah operator dan bench mengakibatkan berkurangan space yang tersedia.

 

Kata kunci: family produk, varian produk, lintas perakitan, common subassembly, stasiun kerja


Full Text:

PDF

References


Benjaafar, S. and Sheikhzadeh, M. Design of Flexible Plant Layouts. IIE Transactions. Department of Mechanical Engineering, University of Minnesota, Minneapolis. 2000.

Heragu, Sunderesh. Facilities Design. Rendsselaer Polytechnic Instiuete. 1997.

Rekiek, B., De Lit, P., Pellichero, F., L’Eglise, T., Fouda, P., Falkenauer, E., and Delchambre, A. A multiple objective grouping genetic algorithm for assembly line design, Journal of Intelligent Manufacturing. 2001; 12: pp. 467-485.

Damayanti, Dida. Dkk. Perancangan Lintas Perakitan Untuk Suatu Family Produk, Seminar Sistem Produksi VII 2005, Departement Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung. 2005; pp. 211-222.

Matanachai, S. and Yano, C. A. Balancing mixed-model assembly lines to reduces work overload, IIE Transactions. 2001; 33: pp. 29-42.

Stadzisz, P.C Henrioud, J.M., and Bourjaut, A., Concurrent Development of products families and assembly systems, proceeding of the 1995 IEEE International Symposium on assembly and Task Planning (ISATP), pp. 327-332,1995.

Suryawan, Bayu. Penerapan People Enpowerment Di Suatu Lintasan Perakitan, http://www.e-gagas.com. Access date : 7 Juni 2007 at 21.00. 2007.

Tompkins, J.A. White, J.A/Brozer Y.A, Frazalle. E.H, Tanchoco, J.M.A, Trevino. Fasilities Planning. Second Edition, John Willy & Sons Inc. USA. 1996.

Sutalaksana. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Jurusan Teknik Industri ITB. 1979.

Wignjosoebroto, Sritomo. Ergonomi, Study Gerakan Dan Waktu. Surabaya: Prima Printing. 2000.

Gasperz, Vincent. Production Planning and Inventory Control. Jakarta : PT Gramedia. 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id